PEKANBARU – Sebanyak 8 orang pengungsi Rohingya asal Myanmar kembali kabur dari tempat penampungan D'Coop II, Jalan Cipta Sari, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, mengatakan, total pengungsi kabur itu sudah mencapai 34 orang.

"Ditambah dengan yang kabur tanggal 24 Mei kemarin ada 26 orang, dan ini 8 orang. Total sudah 34 orang," ujarnya, Kamis, (2/6/2022).

Ia menjelaskan, berdasarkan pantauan CCTV, 8 pengungsi ini kabur melalui pintu depan dan memanjat pagar. Para pengungsi ini diperkirakan menuju ke Malaysia.

"Kita sudah koordinasi dengan Satgas penanganan pengungsi luar negeri untuk melakukan pencarian mereka. Kita juga berkoordinasi untuk meningkatkan pengawasan dan tindakan lanjut atas kejadian ini,"jelasnya.

Sementara itu, Zulfahmi juga mengatakan pihaknya mengusulkan pemberian sanksi tegas bagi pengungsi yang melanggar aturan. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian serupa kembali terulang.

"Itu sudah kami rekomendasikan kepada anggota satgas dalam rangka penanganan pengungsi luar negeri ini," pungkasnya. ***