PEKANBARU - Vertigo dapat membatasi aktivitas seseorang dan kerap menimbulkan rasa mual. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi vertigo, salah satunya adalah menggunakan pengobatan herbal.

Namun, sebelum mencoba obat herbal untuk vertigo, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk meminimalisasi risikonya.

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah obat herbal vertigo yang dapat meredakan nyerinya.

1. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba adalah ramuan Cina yang dikenal untuk mengatasi gejala vertigo. Obat herbal ini bekerja dengan mengatur aliran darah ke otak untuk meredakan pusing dan masalah keseimbangan.

Sebuah penelitian yang dilaporkan di Jurnal Internasional Otolaringologi menemukan, Ginkgo biloba sama efektifnya dengan obat betahistine dalam mengatasi vertigo.

2. Teh jahe

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science menemukan bahwa jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik daripada reposisi manual.

Untuk membuat obat herbal vertigo dari jahe, rendamlah akad jahe dalam air mendidih selama 5 menit. Gunakan madu untuk membantu mengatasi rasa pahit dari teh jahe. Minum teh jahe dua kali sehari dapat membantu mengatasi pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

3. Kacang almond

Kacang almond adalah makanan yang kaya akan vitamin A, B, dan E. Mengonsumsi segenggam almond setiap hari dapat membantu mengatasi gejala vertigo.

Bagaimana almond mengatasi vertigo belum diketahui, tetapi ada kemungkinan kandungan vitaminnya yang membantu mengatasi penyebab vertigo.

4. Minyak esensial

Berbagai minyak esensial, jika dioleskan atau dihirup, dapat membantu meringankan gejala vertigo. Minyak atsiri adalah pilihan alami untuk mengatasi gejala vertigo, termasuk mual, sakit kepala, dan pusing.

Biasanya, minyak atsiri dihirup melalui infuser atau diencerkan dalam minyak pembawa sebelum dioleskan.

5. Cuka sari apel dan madu

Cuka sari apel dan madu dipercaya memiliki sifat kuratif untuk melancarkan aliran darah ke otak. Dua bagian madu dan satu bagian cuka sari apel dipercaya dapat mencegah dan mengatasi gejala vertigo. ***