PEKANBARU, GORIAU.COM - Pekan Olahraga Kota (Porkot) Pekanbaru ke-V sudah ditetapkan mempertandingkan 26 cabang olahraga dan 347 nomor pertandingan. Rincian medali yang diperebutkan masing-masing 347 medali emas, 347 perak dan 435 perunggu.

Porkot ke-V secara resmi dibuka Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Syukri Harto, Kamis (21/11/2013), di Halaman Kantor Walikota Pekanbaru, Jalan Sudirman, Pekanbaru. Namun beberapa cabang olahraga telah lebih dahulu dipertandingkan.

"Porkot akan mempertandingkan 26 cabang olahraga dengan total 347 nomor. Tentunya medali emas yang akan diperebutkan sebanyak 347 medali, begitu juga dengan medali perak. Sementara medali perunggu sedikit lebih banyak sekitar 435 medali," kata Ketua Panitia Pelaksanan Porkot V Pekanbaru, Andi Syamsul Bahri.

Meski terbilang cukup banyak mempertandingkan cabang olahraga, namun KONI Kota Pekanbaru mengatakan, tujuannya tentu untuk pembinaan merata cabang olahraga lainnya. Karena jika mengacu pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII di Indragiri Hulu pada 2014 mendatang, hanya 17 cabang yang akan dipertandingkan.

Ke-17 cabang yang masuk daftar Porprov tersebut diantaranya atletik, basket, voli pasir/pantai, bulutangkis, catur, karate, kempo, pencak silat, sepakbola/futsal, sepaktakraw, taekwondo, tarung derajat, tenis meja, tenis lapangan, tinju, dayung dan panjat tebing.

Sementara sisanya antara lain anggar, angkat besi/berat, brigde, biliar, senam, panahan judo dan wushu. "Tujuannya tentu untuk memeratakan pembinaan seluruh cabang olahraga yang ada di Kota Pekanbaru," terang Andi yang juga merupakan Wakil Ketua KONI Kota Pekanbaru.(tri)