PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Riau, Selasa (28/7/2015), mengumumkan hasil kelulusan calon Brigadir Polri tahun 2015, di Sekolah Polisi Negara (SPN), jalan Pattimura Pekanbaru. Dari ribuan pendaftar, hanya 305 calon Brigadir yang dinayatakan lulus, untuk selanjutnya menjalani pendidikan kepolisian.

Pengumuman kelulusan akhir penerimaan Brigadir Polri ini dilaksanakan di Aula Soekanto SPN Pekanbaru, Selasa (28/7/2015), dengan dibuka langsung oleh Kapolda Riau, Brigjen Dolly Bambang Hermawan, serta dihadiri pejabat utama Polda.

Dari hasil sidang yang dilaksanakan, tercatat ada total 305 calon Brigadir yang dinyatakan lulus, diantaranya 248 calon Brigadir Polisi laki-laki (Polki) serta 57 calon Brigadir Polisi wanita (Polwan). Sementara ada 53 calon Polki dinyatakan tidak bisa mengikuti pendidikan.

"Untuk selanjutnya dijadwalkan pembukaan pendidikan Brigadir pada Selasa (4/8/2015) mendatang, untuk pendidikan Polki dilaksanakan di SPN jalan Pattimura Pekanbaru dan untuk Polwan di Sepolwan Ciputat Jakarta Selatan," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo kepada GoRiau.com.

Mereka ini lulus penyeleksian dari sekitar 2.340 pendaftar lainnya. Dalam pelaksanaannya, Polda Riau menerapkan sistem Computer Assisted Tes (CAT) berbasis komputer. Untuk catatan, sistem CAT hanya diterapkan di tiga Polda, yaknu Metro Jaya, Polda Lampung dan Polda Riau.

"Ini sebagai upaya kita agar penerimaan calon berjalan bersih, transparan, akuntable, dan humanis. Maka dengan CAT, setiap pendaftar tidak bisa mengambil jalan pintas dengan memanfaatkan pihak yang menjanjikan bisa meluluskan dalam tes masuk polisi," tegas Guntur. (had)