DUMAI, GORIAU.COM - Sedikitnya, 147 Personel Polisi dari Kepolisian Resort (Polres) Dumai dikerahkan untuk mengamankan dan menjaga ketertiban pelaksanaan Kampanye Akbar Partai Gerindra yang berlangsung Rabu (26/3/2014) sekira pukul 14.00 WIB di Taman Bukit Gelanggang (TBG) Jalan HR Soebrantas Dumai.

Sebelum, melaksanakan pengamanan, ratusan personel Polres Dumai ini, terlebih dahulu dikumpulkan di halaman Gedung Serbaguna, Jalan HR Soebrantas Dumai, guna melakukan berbagai persiapan pengamanan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari masing - masing satuan di Jajaran Polres Dumai yang dikerahkan dalam rangka menjaga ketertiban serta keamanan pada penyelenggaraan Pemilu (Pemilihan Umum) tahun 2014 ini, mulai dari berbagai tahap, salah satunya ialah Tahapan Kampanye yang sudah berlangsung sejak Minggu (16/3/2014) lalu.

Saat menggelar apel kesiapan, Kepala Polres Dumai AKBP Yudi Kurniawan melalui Komandan Kompi Pengamanan Kampanye AKP Nasril menghimbau kepada seluruh personel polisi yang melaksanakan Pam kampanye Partai Gerindra di Taman Bukit Gelanggang itu, agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik - baiknya, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing – masing pula.

''Disini kita melayani peserta kampanye, untuk itu mari laksanakan tugas dengan serius, senang hati dan tidak terpaksa. Untuk itu kita bagi tugas, yang berpakaian preman silahkan berbaur dengan masyarakat yang mengikuti jalannya kampanye, untuk Personel dari Sat Lantas, silahkan menjaga ketertiban dan keamanan di Jalan Raya, yang lain menyesuaikan dengan tugas dan fungsinya,'' ajak AKP Nasril seraya berpesan, selama bertugas mohon dengan ikhlas dan tidak terpaksa, agar apa yang kita kerjakan tidak menimbulkan kekecewaan bagi peserta Kampanye maupun masyarakat.

Dijelaskan AKP Nasril yang sehari - hari bertugas sebagai Kasub Sat Car Lantas Polres Dumai itu, bahwa Personel Polres Dumai yang diturunkan pada pelaksanaan PAM Partai Gerindra tersebut sebanyak 147 Personel dari berbagai satuan yang ada di Polres Dumai.

''Benar, personel yang kita kerahkan pada hari ini (Rabu,red) sebanyak 147 Personel Polisi dari berbagai satuan yang ada di Polres Dumai dan PAM yang dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Misalnya, untuk Personel Sat Lantas tentunya menjaga lalu lintas, Shabara untuk pengamanan terbuka dan Personel dari satuan Intel untuk pengamanan tertutup didalam lokasi kampanye,” jelasnya, Rabu (26/3/2014).

Pengamanan yang dilaksanakan oleh Personel Polres Dumai ini, kata AKP Nasril, telah dilakukan sejak telah dimulainya kampanye hingga saat ini. Dan sudah tiga kali Kampanye Akbar yang dilaksanakan dari berbagai Partai peserta Pemilu tahun 2014 ini, hingga saat ini Dumai masih dalam keadaan Kondusif.

''Untuk pengamanan kampanye, kita laksanakan sebelum di mulai hingga selesai acara dan kondisi kondusif. Ya tentunya, harapan kita Kampanye berjalan lancar, aman dan terkendali. Kalau, untuk pelanggaran Pemilu kita tidak ikut campur, cuma kalau saat ada keributan saat kampanye itu yg kita amankan,'' terangnya, seraya menegaskan dalam kampanye akbar yang telah berlangsung, pihaknya belum ada menerima laporan kehilangan maupun keributan, semuanya masih aman dan terkendali.

Pantauan di lapangan, sebelum melaksanakan pengamanan (PAM) ratusan personel Polres Dumai ini melakukan apel persiapan PAM, guna mengecek satu persatu angotanya yang akan bertugas. Usai persiapan, para Polisi itupun mulai berpencar satu persatu sesuai tugas dan fungsinya. (za)