SURABAYA - Dua belas orang dokter Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Airlangga ( Unair) di RSUD Dr Soetomo Surabaya positif terinfeksi virus corona.

Dikutip dari liputan6.com, Direktur Utama RSUD Dr Soetomo, dr Joni Wahyuhadi menjelaskan, sepuluh dokter PPDS yang terinfeksi virus SARS CoV-2 memiliki gejala ringan dan sedang. Sementara dua dokter lainnya, kondisinya berat, sehingga perlu menjalani perawatan intensif oleh RSUD Dr Soetomo

''Kami sedang merawat 10 (dokter) dengan gejala ringan dan sedang. Dua (dokter) dengan perawatan intensif. Mohon doanya,'' ujar Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim ini, seperti dikutip dari Antara, Ahad (21/6/2020).

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unair, Prof Soetojo, tidak mau berkomentar banyak mengenai jumlah dokter residen yang menjalani praktik dan terpapar COVID-19 di RSUD Dr Soetomo. Dia menyerahkan keterangan resmi itu kepada pihak rumah sakit.

''Tanya sama rumah sakit saja, jadi direkturnya (dr Joni) saja. (Karena jumlah) masih simpang siur, tanya dr Joni saja,'' kata dia.

Yang jelas, lanjut Prof Soetojo, pihaknya mendapat kabar, kondisi dokter residen yang terjangkit Covid-19 itu kini sudah membaik.

Bahkan beberapa di antaranya dilaporkan hanya perlu menjalani perawatan di rumah alias isolasi mandiri. Sayangnya, dia tidak menyebut jumlah rincinya. ''Ada yang isolasi mandiri,'' sambungnya.***