SIAK SRI INDRAPURA - Sempena peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Siak bekerjasama dengan Yayasan Perinasia Riau menggelar Seminar Perinatal (Sempena) Riau 2 di Gedung Tengku Mahratu, Kabupaten Siak, Riau.

Sebanyak 208 peserta yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan dari berbagai daerah mengikuti Sempena Riau 2 yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Dr Radja Tony Chandra MKes, Minggu (17/11/2019).

Ketua IDI Kabupaten Siak, Dr. Hendry Adi Saputra, M.Ked(OG), SpOG mengatakan Sempena Riau ini merupakan salah satu program rutin dari Yayasan Perinasia Riau. Tema yang diangkat dalam Sempena Riau 2 ini yaitu 'Menuju Persalinan Aman dan Bayi Baru Lahir Sehat'.

"Kami sangat bangga dan terharu mendapat amanah untuk menjalin kerjasama ditunjuk sebagai tuan rumah acara Seminar Perinata 2 ini, yang mana tahun lalu diadakan di Kota Pekanbaru. Terima Kasih kami haturkan kepada Yayasan Perinasia Riau," kata Hendry.

Seminar ini, kata Hendry, salah satunya bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan Obstetri dan Perinatal di Kabupaten Siak secara khususnya dan Provinsi Riau secara keseluruhan.

"Ilmu pengetahuan yang didapat dalam seminar ini diharapkan dapat dipergunakan dengan sebaiknya. Dokter, perawat serta bidan dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan sepenuh hati untuk masyarakat serta bekerja secara profesional dan taat pada peraturan yang berlaku di negeri kita," ujar Hendry lagi.

Adapun topik yang dibahas dalam seminar itu diantaranya, Update Tatalaksana Preeklampsia, terapi oksigen pada bayi baru lahir, obstruksi intestinal pada Neonatus, persalinan normal vs seksio sesarea, gawat darurat obstetri, mengenali tanda bahaya pada bayi baru lahir, strategi menangani bayi prematur di Indonesia dan isu etik kasus-kasus perinatal.

"Untuk topik yang dibahas dalam seminar ini, kami menghadirkan nara sumber DR Dr Setyadewi Lusyati SpA(K) dari Perinasia Pusat, Jakarta. Selanjutnya DR. Dr. Tubagus Odih, SpBA, DR. Dr. Rizalia Dewi, SpA(K), Dr. Ilyas Vishkar, SpOG, Dr. Zaldi Zaimi, SpOG, Dr. Riza Iriani Nst, SpA, Dr. Hendry Adi Saputra, M.Ked(OG), SpOG dan Dr. Devi Gusmayanto, SpA, M.BioMed," katanya memaparkan.

Hendry juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih tak terhingga kepada Tim Perinasia Riau serta kepada Panitia IDI Cabang Siak dan jajaran pengurus yang sudah bahu membahu terlaksana seminar itu.

"Sebanyak 208 peserta yang terdiri dari 61orang Dokter, 50 orang Perawat dan 97orang Bidan akan mendapatkan SKP Ilmiahnya. Terimakasih kepada kedua moderator Dr. Krisnanto, SpA dan Dr. Cherlina, SpA, M.BioMed yang sudah memandu suksesnya acara ini," tutur Hendry.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan Perinasia Riau DR Dr Dewi A Wisnumurti SpA(K), Ketua Perinasia Riau Dr. Nazardi Oyong SpA(K), Ketua PPNI Siak, Ulfa Hanum dan Ketua IBI Cabang Siak Febita serta perwakilan IDI Wilayah Riau Dr Abdullah Qayyum selaku Sekretaris Umum IDI Wilayah Riau. ***