SELATPANJANG - Masalah penyalahgunaan narkoba menjadi permasalahan yang serius terutama yang melibatkan generasi muda atau generasi milenial saat ini. Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh harus dilaksanakan sedini mungkin.

Kegagalan dalam mendidik mereka sama dengan kegagalan membangun bangsa. Keutamaan yang paling pokok untuk menjadikan mereka sebagai generasi unggul adalah membangun etos kerja produktif, terampil, kreatif, disiplin dan profesional.

Untuk itu, Dewan Pimpinan Cabang Grakan Nasional Anti Narkotika (DPC Granat) Kabupaten Kepulauan Meranti, menggelar sosialisasi bahaya narkoba dengan tema 'mewujudkan generasi milenial bebas narkoba', bertempat di SMAN I Merbau, Jalan D.I Panjaitan, Kecamatan Merbau, Kepulauan Meranti, Sabtu (2/11/2019) siang.

Camat Merbau, Wan Fahriarmi S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan,  rasa terimakasih kepada semua pihak yang turut serta mendukung program pemerintah dalam memerangi narkotika.

"Terimakasih kami ucapkan kepada semua elemen masyarakat bersama-sama turut serta memerangi peredaran gelap narkotika," ujar Wan Fahriarmi, saat menyampaikn sambutan sosialisasi yang diikuti oleh ratusan siswa/siswi dari SMK dan SMAN I Merbau.

Dijelaskan Wan Fahriarmi, pemerintah berupaya selalu memberikan pemahaman bahaya narkotika kepada masyarakat. Pihaknya setiap waktu memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyalahgunaan narkotika baik dilinkungan keluarga dan masyarakat.

"Salah satu upaya kita memerangi narkoba dengan cara mencegah, tentunya dimulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan masyarakat," jelasnya.

Kapolsek Merbau, Iptu Sahrudin Pangaribuan, mengungkapkan bahwa pentingnya mewujudkan generasi muda yang unggul dan tangguh sedini mungkin yaitu dengan menjaga dan melindungi anak-anak agar tidak terjerumus dengan penyalahgunaan narkotika.

"Kegiatan ini dilakukan guna mempersiapkan generasi muda yang tangguh dalam menghadapi tantangan pembangunan masa depan bangsa," ungkapnya.

Iptu Sahrudin Pangaribuan, juga menjelaskan untuk menghadapi tantangan ancaman kejahatan narkotika dengan modus operandi yang kian beragam, dibutuhkan komitmen, semangat, dan tekad yang kuat dalam menghadapi persoalan yang tanpa batas.

"Memerangi Narkoba sampai tuntas menjadi prioritas aparat maupun pemerintah bersama masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Granat Kepulauan Meranti, Darma Citara, mengungkapkan bahwa diperlukan kemantapan sikap dan pembinaan karakter dalam menghadapi persaingan global serta berbagai ancaman, salah satunya bahaya penyalahgunaan narkoba. 

Darma, juga mengajak seluruh kaum milenial untuk bersama-sama menjadikan budaya anti penyalahgunan narkoba sebagai bagian dari gaya hidup sehat kaum milenial.

"Kita berharap kedepannya punya sumberdaya manusia yang lebih berkembang untuk menjadi lebih besar dan didukung dengan generasi muda yang berkualitas, sehat tanpa penyalahgunaan narkoba," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMAN1 Merbau, Tati Wahyuni S.Pd, berharap dengan keseluruhan siswa dari kelas X hingga XI yang berjumlah 335 orang itu bisa serius mengikuti kegiatan yang dilaksanakan tersebut.

"Kegiatan ini sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat sebagai upaya terus meyakinkan peserta didik menghindari bahaya narkoba," pungkasnya.***