DUMAI - Tanoto Foundation melaksanakan Workshop Kepemimpinan Pembelajaran Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di SDN 001 Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai, Riau, Senin (27/11/2017) kemarin.

Regional Project Officer Wilayah Dumai dan Kepulauan Meranti Tanoto Foundation, Nurul Hasanah kepada GoRiau.com mengatakan, tujuan dilaksanakan workshop ini untuk membangun pemahaman para kepala sekolah tentang Kepemimpinan Pembelajaran.

"Kepemimpinan Pembelajaran adalah kepemimpinan yang fokus pada proses pembelajaran," kata Nurul.

Di banyak kasus, menurutnya, memang kepala sekolah disibukkan dengan banyak tugas rutin harian, mingguan, bulanan maupun tahunan. Namun faktanya, tidak banyak dari tugas tersebut yang berhubungan langsung dengan proses pembelajaran.

"Ironisnya, ukuran akhir kualitas pendidikan adalah kualitas capaian hasil belajar. Untuk itulah, kepala sekolah setelah kegiatan ini secara perlahan namun pasti mengubah fokus kepemimpinan ke arah kepemimpinan pembelajaran," pungkasnya.

Dikatakan Nurul, hal tersebut tentu saja akan membutuhkan dukungan data yang akurat, perumusan tujuan bersama yang terukur dan komitmen semua pihak untuk belajar.

"Untuk itu, kepedulian Tanoto Foundation akan dunia pendidikan dalam menghasilkan akhir pendidikan yang tepat guna bagi kepala sekolah, guru dan pelajar," ujarnya, Selasa (28/11/2017).

Kegiatan K3S ini diikuti seluruh kepala sekolah SD dan MIN di Kecamatan Sungai Sembilan. Unyuk pemateri diisi oleh Training Specialist Tanoto Foundation, Sasmoyo Hermawan. Juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dumai dan diikuti sebanyak 22 orang kepala sekolah SD. ***