SIAK - Setelah memenangkan juara 1 tingkat Provinsi, Kelompok Lavender 1 Kampung Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak mewakili Provinsi Riau dalam perlombaan Asuhan Mandiri, Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur dan berhasil meraih Juara 1 Kategori kawasan terpencil/sangat terpencil.

Sekda Siak, Tengku Said Hamzah yang ikut mendampingi Kelompok Lavender 1 Kampung Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, Siak pada penyerahan penghargaan dari Kementrian Kesehatan itu mengaku sangat bangga dengan prestasi Kabupaten Siak ini.

"Alhamdulillah mewakili Riau dan Siak kembali meraih penghargaan tingkat nasional dibidang kesehatan harapan saya akan adanya TOGA. Kedepan tidak hanya desa di Sungai Apit tapi juga ada desa lainnya yang menerapkan TOGA ini," ujar Tengku Said Hamzah kepada GoRiau.com, Selasa (28/11/2017).

Dijelaskan Sekda, kegiatanpPenilaian Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) merupakan salah satu implementasi dari program asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan Akupresur.

"Tujuannya untuk mendorong masyarakat agar mampu mengatasi gangguan kesehatan ringan dengan prinsip kesadaran, keinginan sendiri, kebersamaan, kerjasama, kemandirian, komitmen dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat," kata Tengku Said Hamzah lagi.

Proses pelaksanaan penilaian pemanfaatan TOGA ini dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari seleksi tingkat kelompok, tingkat desa/kelurahan, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, selanjutnya pemenang-1 dari setiap wilayah (Desa, Kota dan daerah terpencil) dikirimkan ke pusat.

"Penilaian dilakukan pada bulan Oktober yang lalu Kelompok Lavender 1 yang beralamat Kampung Tanjung Kuras, meraih nilai tertinggi dibandingkan dari kabupaten Maluku Tenggara Barat, Lombok Barat dan Kabupaten Buton," kata Sekda lagi.***