PEKANBARU - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kota Pekanbaru, kembali melanjutkan rangkaian kegiatan Bulan Bakti guna memperingati dua dekade Partai Demokrat pada 9 September 2021 mendatang.

Sebelumnya, DPC Demokrat Pekanbaru sudah membagikan Sembako dan memberikan bantuan kepada pedagang kaki lima, kini Demokrat Pekanbaru menggelar vaksinasi massal gratis yang disediakan untuk 1.500 peserta.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di Taman Budaya, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (6/9/2021). Kegiatan ini dimulai sejak pagi hari, ratusan masyarakat terlihat sudah hadir dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Tampak hadir pengurus DPC Demokrat Pekanbaru yang dikomandoi Agung Nugroho, Sekretaris DPC Tengku Azwendi dan beberapa pengurus inti lainnya.

Kepada wartawan, Agung mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini berangkat dari tingginya animo masyarakat untuk vaksin, namun ketersediaan vaksin minim di Pekanbaru.

Maka dari itu, dirinya berinisiatif menghubungi kolega Demokrat di DPR RI untuk mencarikan solusi. Alhasil, dirinya mendapat kabar baik dari Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Hj Aliyah Mustika Ilham.

“1.500 dosis vaksin ini merupakan bantuan yang disalurkan Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Hj Aliyah Mustika Ilham dari Kemenkes. Dimana sebetulnya, ada 2.000 dosis yang dikirim. Sisanya sebanyak 500 dosis diserahkan kepada masyarakat kabupaten lain,” ujarnya.

Mewakili Demokrat Pekanbaru, Agung mengucapkan terimakasih banyak kepada Hj Aliyah Mustika dari Komisi IX Fraksi Demokrat DPR RI yang telah menyalurkan vaksin ini untuk warga di Kota Pekanbaru.

Vaksinasi ini merupakan salah satu arahan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk peka terhadap permintaan masyarakat. Dan saat ini, memang vaksinasi menjadi hal yang paling diinginkan.

Lebih jauh disampaikan dia, pada Bulan Bakti Demokrat memang diperintahkan oleh Ketum PD AHY kepada seluruh kader untuk menggelar berbagai macam kegiatan sosial.

"Termasuk pemberian vaksin massal ini agar masyarakat bisa dengan mudah memperoleh vaksin Covid-19. Dengan tujuan agar herd immunity masyarakat dapat terbentuk dan pandemi bisa segera berlalu," terangnya.

Selain itu, Agung juga mengucapkan banyak terimakasih kepada tenaga kesehatan/vaksinator yang disediakan oleh beberapa pihak. Diantaranya adalah RSUD Petala Bumi, RSJ Tampan, RS Universitas Riau dan RS Awal Bros. Menurut dia, tanpa dukungan tenaga medis penyelenggaraan vaksin tersebut sangat mustahil bisa terlaksana.

“Ini tahap pertama. InsyaAllah akan ada beberapa tahap. Jadi 1.500 dosis vaksin itu tidak sekaligus supaya tidak terjadi kerumunan. Jadi kita urai menjadi beberapa hari dan diatur jadwalnya,” inbuhnya.

Terakhir, Agung memastikan bahwa pihaknya masih tetap menggelar serangkaian kegiatan sosial lainnya jelang perayaan puncak HUT Partai Demokrat ke-20. Seperti pembagian beras, pembagian sembako hingga kekeling Pekanbaru untuk memberikan bantuan kepada pedagang kaki lima yang ditemui. ***