PEKANBARU - Walikota Pekanbaru meminta warga untuk selalu waspada dan menjaga kebersihan lingkungan guna menghindari mewabahnya penyakit yang biasa datang saat musim penghujan seperti saat ini. Imbauan Walikota tersebut sebagaimana disampaikan Kabag Humas Pemko Pekanbaru Alek Kurniawan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk hidup bersih, buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan dan juga jangan seenaknya membuang sampah di parit karena ini akan menyumbat saluran air sehingga jika nanti air tergenang akan mengundang nyamuk untuk bertelur dan timbullah jentik-jentik nyamuk DBD yang akhirnya akan berakibat fatal," ujar Alek Kurniawan, Senin (16/11/2015).

Kabag Humas mengatakan, Walikota juga mengimbau kepada RT dan RW untuk menggalakkan gotong-royong masyarakat di lingkungannya. "Bersihkan selokan yang biasa jadi rumah nyamuk, parit-parit yang tersumbat itu dibersihkan juga. Karena dengan lingkungan yang bersih maka segala penyakit bisa kita hindari terutama penyakit DBD. Dengan lingkungan yang bersih juga maka Pekanbaru sebagai Kota yang madani yang menjadi program dari Pak Wali juga akan bisa kita capai," jelas Kabag Humas.

Dia juga meminta kepada dinas terkait untuk secara aktif turun ke lapangan. Jangan hanya menunggu laporan yang masuk saja. "Turun dan lihat langsung ke lapangan. Lihat apa saja yang kurang di lapangan, benahi dan jangan sampai merugikan masyarakat. Karena saya dapat laporan dari masyarakat di beberapa ruas jalan masih banyak sampah-sampah yang dibiarkan lama dan tidak diangkut. Ini tentu akan menyebabkan penyakit, belum lagi bau yang ditimbulkan. Sekali lagi kami minta dinas terkait untuk aktif," tutup Alek Kurniawan.(rls)