SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Merani Drs H Irwan MSi meminta warga untuk mulai tertib berlalu lintas, terutama di Selatpanjang, Riau. Pasalnya, selain untuk keselamatan selama berkendara, dengan tertib berlalu lintas ini sudah membantu tugas polisi (lalulintas).

Demikian disampaikan H Irwan saat meninjau langsung Pos Ops Simpatik Jalan Merdeka Selatpanjang di hari terakhir pelaksananaan, Senin (21/3/2016). Didampingi Kapolres AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, dan Kasat Lantas AKP Yohanes Basri, H Irwan pun sempat memberikan setangkai bunga mawar sebagai apresiasi kepada warga yang lengkap saat berkendaraan di jalan raya.

Usai menyerahkan bunga tersebut, tak lupa Irwan menitipkan pesan kepada pengendara agar dapat mengajak masyarakat lainnya untuk bisa tertib dan melengkapi kendaraan seperti yang mereka lakukan. "Saya pikir, semua pihak harus membantu pihak kepolisian untuk mentaati lalu lintas," ujar H Irwan yang juga menyampaikan sudah saatnya Kota Selatpanjang sebagai Ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti dapat lebih tertib berlalu lintas.

Lebih jauh, disampaikan H Irwan juga, untuk mendukung ketertiban berkendara di wilayah Kota Selatpanjang Bupati akan berupaya menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk memberlakukan jalan satu arah di sejumlah jalan di Kota Selatpanjang. Karena dengan pemberlakuan jalan satu arah di sejumlah jalan raya, khususnya di jalan yang memiliki tingkat kepadatan yang tinggi akan mendorong untuk meningkatkan ketertiban berlalu lintas.

Menurut bupati terpilih dua periode ini, gagasan untuk melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan jalan satu arah di sejumlah jalur padat belum berjalan optimal sejak 2011 lalu. Namun, mereka akan terus berusaha secepatnya menyiapkan Perbup dalam rangka menciptakan ketertiban dan mengurai kemacetan yang selalu terjadi. ***