LABUHANBATU - Bayi perempuan berusia sekitar 2 bulan ditemukan warga di warung pinggir jalan di Desa Janji Bilah Barat, Labuhanbatu, Sumut, Senin (26/12). Polisi masih mencari pelaku yang meninggalkan bayi itu di sana.

Berdasarkan informasi dihimpun, bayi itu ditemukan di kursi panjang di warung kopi yang ada tepat di pinggir Jalan Lintas Sumatera. Saat itu, sekitar pukul 05.15 WIB, anak pemilik warung, Tanda Ritonga, mendengar tangisan bayi saat akan berjualan.

Tanda lalu mengadu pada ibunya, Ismajariah. Perempuan itu langsung menghampiri warung dan melihat bayi perempuan menangis di bangku panjang. "Hanya pakai bedung, tangannya keluar. Langsung saya dekap, lalu saya buatkan susu," katanya dikutip dari merdeka.com, Selasa (27/12).

Peristiwa itu menjadi perhatian keluarga dan warga sekitar. Mereka pun bermusyawarah dan sepakat melaporkan penemuan itu ke Polres Labuhanbatu.

Bayi mungil itu kini dirawat di Poliklinik Mapolres Labuhanbatu. Sementara orang yang meninggalkan bayi itu masih dalam penyelidikan petugas.

"Tetap akan kita selidiki, untuk mencari tahu orang tua bayi ini. Kita sudah memintai keterangan penemu dan saksi-saksi," kata Kasat Reskrim Polres Labuhan Batu AKP Muhammad Firdaus.

Seandainya ada yang ingin mengadopsi bayi perempuan itu, Firdaus mengatakan ada prosedur adopsi yang harus dilalui. "Tetap ada prosedurnya, dan harus melalui putusan pengadilan," pungkasnya.(mdk)