PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau memprediksi, potensi hujan bakal melanda sejumlah daerah di Riau saat pergantian tahun 2016-2017 nanti.

Itu diungkapkan Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin kepada GoRiau.com Selasa (27/12/2016) siang. "Kondisi saat ini masih musim hujan, cuma memang trennya sudah mulai menurun dibanding November," jawabnya.

Meski hujan tidak sesering saat Bulan November 2016, di mana Riau berada dalam puncak musim hujan, namun akhir tahun ini (akhir Desember) potensi hujan diprediksi masih bakal terjadi. Daerah yang perlu diwaspadai adalah bagian barat.

"Perlu kewaspadaan, terutama di wilayah barat yang rawan longsor, seperti wilayah perbatasan Riau-Sumbar. Apalagi rawan longsor. Masyarakat kalau lewat situ dengan kondisi curah hujan tinggi, lebih baik cari jalur alternatif," imbuhnya.

Meski curah hujan masih bakal berlangsung sampai akhir Desember 2016, hal itu belum memberi pengaruh besar terhadap kondisi perairan di Provinsi Riau, terutama tinggi gelombang, yang jadi acuan pelayaran kapal-kapal.

Menurut data BMKG Pekanbaru, tinggi gelombang masih normal, dengan angka 0,25 hingga 0,75 meter (di bawah satu meter, red), terutama di perairan daerah Dumai, Rohil, Bengkalis, Inhil dan Kabupaten Kepulauan Meranti. ***