SELATPANJANG - Menyikapi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H Said Hasyim mengaharapkan warga menyambutnya dengan gembira karena kehadiran Rasulullah telah membawa rahmat bagi semesta alam. Membawa manusia dari alam kegelapan menuju ke alam yang terang menderang seperti saat ini.

"Dan sudah sepantasnya umat Islam menyambut istimewa kelahiran Nabi Muhammad SAW. Saya harapkan kedepan momentum ini dilaksanakan lebih semarak lagi," ucapnya.

Selanjutnya pencerahan sempena peringatan Maulid Nabi Muhammad oleh Al-Ustadz Drs H Muhammad Fachri MA, memaparkan pentingnya menghayati kisah hidup Nabi Muhammad Rasulullan SAW. Dikatakannya Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang berasal dari keturunan yang baik yang menikah dengan Khadijah keturunan yang baik, dan melahirkan anak keturunan yang baik pula.

Untuk itu jika umat muslim menginginkan keturunan yang baik yang berbakti pada kedua orang tua, bangsa, dan negara, hendaknya diawali dengan menjadi orang tua yang baik. "Bagaimana mungkin orang tua menginginkan anak menjadi ahli baca Al-Quran jika orang tua tidak bisa membaca Al-Quran," ujar Ustaz Fachri mencontohkan.

Lebih jaun dikatakan Fachri, Rasulullah diutus ke dunia untuk menyempurnakan akhlak manusia. Untuk itu umat muslim diminta untuk meneladani akhlak Rasulullan Muhammad SAW sebagai seorang anak, ayah, dan kakek. Agar negeri ini mendapat berkah oleh Allah.

Umat muslim, menurut Fachri, harus berprasangka baik terhadap orang lain. Jangan jelek menjelekan, jangan saling jatuh menjatuhkan, iri dengki dan bermusuhan. "Setiap anak cucu Adam, selain Rasulullah pasti ada salah dan khilaf. Untuk itu berbuat baiklah kepada semua orang," ucapnya.

Rasul lebih mencintai dan mementingkan umat dibanding dirinya, oleh karena itu sudah sepantasnya umat islam mencintai Nabi Muhammad Rasulullah SAW. "Dengan mencintai Rasulullah semoga Rasulullah juga mencintai kita dan kita mendapat keselamatan dunia dan akhirat," ujar Fachri. ***