PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menargetkan 70 persen atau 72.112 dari 103.017 anak usia 6-11 tahun selesai divaksinasi pada akhir Januari 2022. Hal ini disampaikan Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, saat ini jumlah anak yang telah divaksin dosis pertama sudah mencapai 9.503 orang. Pemko Pekanbaru sudah menggelar rapat agar vaksinasi anak ini dapat berjalan lancar.

"Kita bersepakat mengatur strategi bagaimana supaya capaian target vaksinasi anak 6 sampai 11 tahun bisa tercapai, minimal 70 persen atau sekitar 72.112 dari 103.017 orang sampai akhir Januari," ujar Syoffaizal.

Menurutnya, ada beberapa materi yang dibahas pada rapat koordinasi itu seperti evaluasi pelaksanaan vaksin anak dan kendala yang dihadapi, upaya percepatan vaksin, jaminan ketersediaan vaksin bagi anak dan rencana pelaksanaan sosialisasi yang lebih masif.

"Kita upayakan agar vaksin tercukupi untuk target Januari ini. Kalau sekarang, ketersediaan vaksin ada sekitar 13 ribu dosis, jadi sedang kita upayakan untuk penambahan vaksin sesuai kebutuhan," jelasnya.

Selain itu, Pemko juga akan gencar melakukan sosialisasi vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Dengan ini, diharapkan orang tua akan memahami dan memberikan anaknya untuk divaksin.

"Kita akan bersurat ke Dinas Kominfo untuk menyebarluaskan pentingnya vaksin bagi anak 6 sampai 11 tahun," ungkapnya.

Untuk vaksinasi anak ini sendiri saat ini digelar dengan mendatangi sekolah. Karena dalam aturan Kemenkes-nya, itu disarankan ke sekolah-sekolah saja. ***