JAKARTA – Wakil Ketua DPW Bidang Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Nasdem Riau, Dedi Harianto Lubis, menegaskan nama-nama Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang diusulkan oleh pihaknya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem Riau merupakan aspirasi dari kader.

Dikatakan Dedi, nama-nama itu muncul dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang ada di 12 kabupaten kota se-Provinsi Riau. Tentunya, DPD memiliki pertimbangan sendiri terhadap nama yang dimunculkan itu.

Dalam Rakernas Partai Nasdem tahun 2022 ini, sambung Dedi, DPP sudah terlebih dahulu memberikan instruksi kepada seluruh DPW untuk melakukan penjaringan usulan nama Bacapres dari seluruh DPD.

"Dan sesuai arahan itulah DPW Nasdem Riau kemudian melakukan rapat koordinasi dengan 12 DPD dan 7 badan/sayap partai serta 1 komunitas partai, dari rapat itu menghasilkan 8 nama," ujar Dedi.

Dari 8 nama itu, terangnya, ditindaklanjuti oleh DPW, dengan mengerucutkan menjadi 5 nama. 5 nama inilah yang kemudian dibacakan oleh DPW dalam forum Rakernas.

"Itu adalah aspirasi dari bawah, DPD tentu membaca dinamika politik dan menerima masukan dari masyarakat umum," kata Dedi, Jumat (17/6/2022).

Dalam keputusan, DPW, DPD serta elemen lain yang ada di Partai Nasdem Riau akan tegak lurus dengan keputusan Ketua Umum, terkait siapa saja nama yang akan diputuskan nantinya untuk maju di Pilpres 2024.

"Usulan dari kami yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Andika Perkasa, Erick Thohir, dan Siti Nurbaya. Setelah Rakernas ini tentu kita menunggu arahan dari DPP," tutupnya.

Sebelumnya, Sejumlah nama figur direkomendasikan 34 DPW Partai NasDem untuk diusung sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mendominasi rekomendasi yang dibacakan 34 DPW Partai NasDem dalam Rakernas NasDem di JCC, Kamis (16/6/2022). ***