SIDOARJO - Ada yang berbeda dalam sesi latihan Persebaya Surabaya di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (25/10/2019) lalu. Tidak seperti biasanya, pada latihan tersebut Irfan Jaya dan kawan-kawan dipimpin gelandang legendaris Persebaya, Uston Nawawi.

Setelah konfirmasi, Uston ternyata naik menjadi asisten pelatih sementara menggantikan Bejo Sugiantoro. Seperti diketahui, asisten pelatih Persebaya tersebut harus absen karena mengikuti kurus kepelatihan. 

Tugas ini baru saja ia emban sejak pertandingan melawan Persela Lamongan Rabu (23/10) lalu. Rencananya, ia akan menemani Wolfgang Pikal sampai ayah dari Rachmad Irianto tersebut kembali pada awal November mendatang.

“Saya saat ini menggantikan posisi coach Bejo, karena dia mengambil lisensi sampai tanggal 3 nanti," beber Uston.

Pelatih yang membawa Persebaya juara Elite Pro Academy Liga 1 U-20 2019 itu menambahkan, posisi yang ia emban saat ini tidaklah permanen. Ia menegaskan tenaganya hanya sedang diperbantukan karena Persebaya U-20 sedang kosong jadwal. Namun jabatan utamanya tetap sebagai pelatih Persebaya U-20.

“Kebetulan Persebaya U-20 sedang kosong, jadi saya sifatnya membantu dan belajar di tim senior,” imbuhnya.

Sementara itu pada sesi latihan di Stadion Delta Sidoarjo, Jumat sore (25/10) Uston terlihat seorang diri memimpin latihan. Tidak nampak sang pelatih utama Wolfgang Pikal yang biasa memberikan instruksi. Ia menuturkan pelatih asal Austria itu sedang berhalangan hadir karena diminta menjadi wali nikah salah seorang saudaranya.

Sedangkan untuk materi, Uston mengaku Pikal sudah  menyiapkan materi sedemikian rupa. Sehingga dirinya dan tim pelatih lainnya tinggal meneruskannya kepada pemain.

“Materi tetap dari coach Pikal, hari ini recovery training untuk pemain yang kemarin tampil di Lamongan. Yang tidak main tetap latihan seperti biasa,” paparnya. ***