PEKANBARU - Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau, Yulisman resmi diusulkan oleh DPRD Riau sebagai Ketua DPRD Riau berdasarkan surat penunjukan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar dalam rapat paripurna, Senin (16/11/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto yang memimpin sidang paripurna penggantian Ketua DPRD Riau sekaligus menggugurkan surat penunjukkan Indra Gunawan Eet sebagai Ketua DPRD Riau.

Dalam rapat yang dihadiri oleh 30 orang dari 59 Anggota DPRD Riau baik secara fisik maupun virtual, Hardianto mengatakan rapat sudah terpenuhi dan rapat dianggap sudah memenuhi Tata Tertib (Tatib) DPRD Riau.

GoRiau

Hardianto menjelaskan, setelah paripurna ini, pihak Sekretariat DPRD Riau akan mengurangi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemprov Riau untuk mengeluarkan surat pengangkatan Yulisman sebagai Ketua DPRD Riau.

"Semoga calon pengganti ketua DPRD ini bisa segera dilantik, supaya bisa duduk menggantikan saya secepatnya," kata Hardianto.

Sementara itu, Ketua DPRD Riau terpilih, Yulisman mengatakan dirinya saat ini masih menunggu proses selanjutnya, dan dia berharap proses ini bisa tidak mengalami kendala apapun nantinya.

"Kita ikuti proses saja dahulu. Semoga bisa segera," singkat Anggota Komisi IV DPRD Riau ini.

GoRiau

Sementara itu, Sekretaris DPRD Riau, Muflihun menyebutkan dirinya akan mengirimkan berita acara ini kepada Gubernur Riau untuk segera diteruskan ke Kemendagri dalam waktu dekat.

"Adapun waktu kita 3 hari di DPRD, dan 7 hari di Gubernur, baru dikirim ke Kemendagri, nanti menunggu SK dari Kemendagri," tutupnya.

Sebelumnya, Yulisman resmi ditunjuk oleh DPP Golkar untuk menggantikan posisi Indra Gunawan Eet sebagai Ketua DPRD Riau, Indra sendiri memutuskan mundur karena maju di Pilkada Bengkalis.

Penunjukkan itu ditandai dengan turunnya surat dari DPP Golkar yang ditandatangani oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto dan Sekjend Golkar, Lodewijk F Paulus. ***