SELATPANJANG - Usai melaksanakan akad nikah, pengantin akan langsung mendapatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK) baru dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepulauan Meranti.

Dimana setelah melakukan ijab kabul pengantin ini langsung mendapatkan dokumen kependudukan berupa e-KTP yang sudah berganti status menjadi "Kawin" KK pasangan suami-istri dan KK bagi masing-masing orang tua pengantin.

Hal ini juga dilakukan pada pernikahan Syayidah Sopiah dan M Makhbub di Desa Kedaburapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, pada Senin (24/1/2022), Plh Kepala UPTD Disdukcapil Kecamatan Rangsang Pesisir, Safri SPd bersama stafnya menyerahkan langsung kepada pengantin dokumen kependudukan berupa e-KTP yang sudah berganti status menjadi "Kawin", Kartu Keluarga (KK) pasangan suami- istri dan KK kepada orang tua mempelai.

Plt Kepala Disdukcapil Kepulauan Meranti, Khairul SAp menyebutkan kegiatan tersebut merupakan bagian dari inovasi pelayanan pelaksanaan program "Ketuk Pintu Layani dengan Hati" yang telah dicanangkan bupati.

"Program ini dinamakan 'Tingkap' yang merupakan akronim dari Tiap Pernikahan Langsung Dapat Kartu Keluarga dan KTP. Tingkap adalah program bagi Pasutri yang baru melaksanakan akad nikah yang kemudian diberikan KTP elektronik dan KK dan tambahan akta perkawinan untuk non muslim," tuturnya.

Kemudian, kata Khairul, bagi warga yang akan melaksanakan pernikahan untuk segera melaporkan ke Disdukcapil ataupun UPTD Dukcapil Kecamatan terdekat agar segera diterbitkan dokumen kependudukannya sesuai dengan status dan alamat yang baru.

Adapun syarat dalam pengurusan administrasi program Tingkap, calon pengantin cukup menginformasikan kepada petugas UPTD ataupun di Disdukcapil dengan menyerahkan KK asli dan foto copy serta surat nikah orang tua dari calon mempelai wanita dan pria. Ditambah dengan foto copy surat nikah mempelai serta KTP nya.

"Begitu pasangan pengantin selesai akad nikah, mereka akan mendapatkan dokumen baru KTP elektronik dan KK baru dengan status sebagai suami istri. Semoga ini bermanfaat dan menambah kebahagiaan kepada kedua mempelai," ucapnya.***