PEKANBARU - Sesuai dengan target Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), saat ini beberapa tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik swasta maupun negeri di Pekanbaru telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Untuk sarananya, saat ini hampir seluruh sekolah telah menyiapkannya, dan beberapa sekolah lebih memfokuskan pada persiapan peserta didik  dalam pendalaman materi untuk pelaksanaan UNBK.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 20 yang beralamat di Jalan Abdi, Delima, Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, Zamhuri, untuk sarana dalam pelaksanaan UNBK persiapannya sudah 90 persen, hanya saja sekarang itu bagaimana pendalaman materi anak-anak.

"Kita sudah siap, nantinya tinggal pelaksanaannya, sekarang bagaimana pendalaman materi anak-anak," ungkap Zamhuri, Rabu (28/11/2018).

Ads
Sama halnya dengan SMP N 20 Pekanbaru, MTs Darul Hikmah yang berada di Jalan Manyar Sakti, Simpang Baru Tampan Kota Pekanbaruu, juga telah menyiapkan fasilitas yang butuhkan. Menurut kepala sekolah, Minanurrohman, mengatakan bahwa pihaknya saat ini lebih terfokus tentang pendalaman materi kepada siswa dengan mengadakan jam tambahan kusus untuk bimbingan belajar.

"Kita akan memberikan jam khusus untuk bimbingan belajar, menambah jam pelajaran dan mengurangi pelajaran-pelajaran yang bersifat tidak di utamakan, " kata Minanurrohman.

Sedangkan untuk simulasinya, akan dilaksanakann pada bulan Januari setelah pelaksanaan Ujian Semester. Walaupun simulasi diadakan pada bulan Januari. Namun, beberapa sekolah sudah mengajarkan dasar-dasar penggunaan komputer kepada siswa. Karna dalam kurikulum siswa sudah di bekali dengan mata pelajaran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). ***