PEKANBARU - Jika tidak ada kendala secara teknis, jalan tol yang menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kota Dumai akan dilakukan uji coba pada Januari 2020. Uji coba akan dilakukan pada seksi 1 dan seksi 2. Meskipun saat ini, pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai belum seluruhnya tuntas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Riau, Ir H M Taufiq OH MT mengatakan, bahwa pihaknya tidak ingin mengambil resiko, jika jalan tol ini sudah dibuka tanpa adanya uji coba.

"Minggu kedua Januari 2020, rencananya kita uji coba jalan tol Pekanbaru - Dumai, untuk seksi 1 dan seksi 2. Sebab jika sudah bisa dioperasionalkan, akan terjadi peningkatan volume kendaraan saat akhir tahun ini," kata Taufiq kepada GoRiau.com, Kamis (28/11/2019).

Ujicoba ini penting dilakukan sebelum Jaln Tol Pekanbaru - Dumai ini resmi dibuka untuk umum, sambung Taufiq. Karena cara berkendaraan di jalan tol sangat berbeda dengan di jalan raya biasa. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian dan uji coba. Apalagi jalan tol Pekanbaru - Dumai ini merupakan yang pertama kalinya dibangun di Riau.

"Dalam hitungan detik saja pengemudi lengah bisa berdampak terhadap kecelakaan yang parah. Jadi ini prilaku yang harus disesuaikan dulu," ujar Taufiq. Ia pun belum bisa memastikan berapa lama ujicoba dilakukan. Sebab harus melihat kesiapan semua segi jalan terkait pengoperasian jalan tol.

Syamsuar berharap, Jalan Tol Pekanbaru - Dumai bisa dibuka secara fungsional di akhir tahun ini, agar menjadi stimulus pembangunan yang merata di seluruh Riau. Dan dapat meningkatkan, serta memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau sekaligus kota bisnis dan Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan yang maju, dan agribisnis.

"Proyek Jalan Tol Pekanbaru - Dumai merupakan proyek strategis nasional, yang mulai dikerjakan pada tahun 2016 dan menelan biaya sekitar Rp 16,21 triliun. Kita berharap, masyarakat bisa menikmati jalan tol ini sesegera mungkin dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkap Syamsuar.

Jalan Tol Pekanbaru - Dumai memiliki enam seksi ruas. Diantaranya, seksi I Pekanbaru-Minas (9,5 km), Seksi II Minas-Petapahan (24,1km), seksi III Petapahan-Kadis Utara (16,9km), seksi IV Kandis Utara-Duri Selatan (27,23 km), seksi V Duri Selatan-Duri Utara (27,23), dan Seksi VI Duri Utara-Dumai (24,65 km). ***