SIAK SRI INDRAPURA - Bupati Siak Drs H Alefdri MSi melepas peserta pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Siak XIX yang digelar di jalan Gajah Mada Kelurahan Sungai Apit, Kecamatan Sungai Apit, Selasa  (16/7/2019) pagi.

Pelepasan pawai ta'ruf tersebut juga ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab Siak Hj Rahimawati Hamzah. 

Alfedri mengaku senang dengan ramainya peserta dari seluruh kecamatan dan antusias masyarakat yang menyaksikan, sehingga menambah semaraknya pawai ta'ruf MTQ XIX tersebut. Dirinya berharap seluruh rangkaian acara bisa berjalan dengan baik. 

"Mudah-mudahan pelaksanaan  MTQ tahun ini semakin baik dan berkualitas," kata Alfedri saat diwawancarai usai acara. 

Bupati berharap melalui MTQ ini, Al quran bisa diamankan ditengah ke hidupan sehari- hari, sehingga terwujudnya masyarakat Siak yang agamis, religius dan bertaqwa. "Semoga negeri ini diberkahi Allah SWT," harapnya.

Turut hadir Sekrektaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak T. S Hamzah, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, pimpinan OPD lingkungan Pemkab Siak, Kepala Kemenang Siak H Muharam dan unsur Forkopimda Kabupaten Siak. 

Pantauan di lapangan, masyarakat Sungai Apit dan sekitarnya begitu antusias menyaksikan meriahnya pawai taaruf MTQ dengan berdiri di pinggir jalan dan ikut mengabadikan dengan kamera.

Pawai taaruf dimeriahkan dengan mobil hias masing- masing peserta Kecamatan. Pawai diawali marching band Siak diikuti Kecamatan Pusako, disusul Kecamatan Mempura mengambil tema ATM beras, kemudian Sabah Auh dan kecamatan lainnya, serta terakhir tuan rumah dari Kecamatan Sungai Apit diiringi mobil hias.

Dari tuan rumah Kecamatan Sei Apit dengan melibatkan banyak pesertanya dan antusias dari masyarakat cukup besar sekali. Sebanyak 14 kecamatan mengikuti seluruh cabang yang dilombakan. 

Sementara itu, ketua panitia pawai taaruf, Mahadar MPd menyebutkan peserta pawai diikuti 5.875 orang dari 14 kecamatan. Dan yang terbanyak yakni dari Kecamatan Sungai Apit dengan sebanyak 2.000 perserta sebagai tuan rumah pelaksanan MTQ.***