PEKANBARU - Moda transportasi umum, Transmetro Pekanbaru harus untung agar terus bisa memberikan pelayanan terbaik untuk warga Metropolis Pekanbaru.

Demikian disampaikan anggota Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pekanbaru, Roni Pasla saat berkunjung ke Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Selasa (14/1/2020).

Transmetro Pekanbaru merupakan moda transportasi umum yang murah dan efektif untuk kota besar demi mengurangi kemacetan kota akibat tingginya jumlah angkutan pribadi.

''Dengan adanya transportasi masal ini, bisa mengurangi kemacetan karena kapasitas penumpang sangat besar. Ini solusi kota besar seperti Pekanbaru,'' ujarnya.

Dikatakan, karena Transmetro Pekanbaru merupakan moda transportasi publik, sebaiknya pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah untuk menekan cost.

''Sebelumnya Trans Metro Pekanbaru dikelola sendiri oleh pemerintah. Ini jelas untung dari sisi masyarakat. Selain cost rendah, transmetro juga bisa meraih laba,'' tutupnya. ***