PEKANBARU - TNI dan Polri terus menunjukkan kebersamaan dalam tugas mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu dibuktikan, Polresta Pekanbaru dan Kodim 0301 Pekanbaru dalam melaksanakan patroli bersama mengunjungi gereja dan Pos Pengamanan Operasi Lilin Muara Takus 2018.

Saat berada di Pos Pengamanan depan Ramayana Ops lilin Muara Takus 2018 Polresta Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto SIK SH MH, mengatakan kegiatan patroli ini adalah wujud sinergitas TNI Polri di Kota Pekanbaru, Riau, guna menciptakan rasa aman terhadap masyarakat Kota Pekanbaru secara umum dan masyarakat yang melaksanakan perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019.

"Kegiatan ini rutin kita laksanakan bersama setiap tahun oleh Polresta Pekanbaru yang diberi nama Operasi Lilin. Sinegeritas TNI-Polri wajib kita laksanakan untuk menciptakan situasi yang aman di Kota Pekanbaru, khususnya dalam rangka menghadapi Pemilu 2019 yang aman damai, sejuk dan harmonis," kata Kapolresta yang sudah ketiga kalinya melaksanakan pengamanan Natal dan Tahun baru di Kota Pekanbaru.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH dan Dandim Pekanbaru Letkol Andri Sulistyawan S.Sos yang diikuti Kasat jajaran Polresta Pekanbaru, beserta anggota Kodim 0301 Pekanbaru dan anggota dari jajaran Polresta Pekanbaru.

Adapun jumlah peserta yang melaksanakan patroli berjumlah lebih kurang 50 personil dengan menggunakan sepeda motor patroli dan mobil patroli.

Sasaran pertama patroli adalah Gereja HKBP yang berada di Jalan Hangtuah Pekanbaru, di sana juga hadir Wakapolda Riau Brigjen Pol Wahyu Widada MPhil untuk melaksanakan pengecekan dan kontrol terhadap petugas yang melaksanakan pengamanan sekaligus cek situasi di gereja tersebut.

Jumlah jemaat di Gereja HKBP yang melaksanakan kegiatan ibadah malam itu berjumlah lebih kurang 2.000 jemaat dengan situasi yang terdapat dalam keadaan aman dan ibadah misa Natal berjalan dengan lancar.

Setelah selesai melaksanakan patroli dan cek kontrol di Gereja HKBP rombongan sinergitas TNI Polri menuju Gereja GPIB di Jalan Sumatera Kecamatan Pekanbaru Kota.

Kegiatan misa Natal di gereja GPIB Jalan Sumatera cukup ramai dengan jumlah jemaat berkisar 1.500 orang, panitia pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru di gereja GPIB Jalan Sumatera telah menyiapkan tenda tambahan untuk menampung jemaat yang akan melaksanakan ibadah misa Natal di gereja tersebut.

Kapolresta Pekanbaru dan Dandim 0301 Pekanbaru beserta rombongan melaksanakan cek kontrol dan pengamanan serta bersalam-salaman dengan jemaat Gereja GPIB Jalan Sumatera Pekanbaru sebagai ucapan selamat merayakan ibadah Natal, 25 Desember 2018.

Tak lupa jemaat Gereja GPIB juga mengaturkan terimakasih kepada Kapolresta Pekanbaru dan Dandim 0301 Pekanbaru beserta anggota yang telah melaksanakan Patroli dan Pengamanan di Gereja GPIB Jalan Sumatra Pekanbaru.

Beberapa saat kemudian rombongan melanjutkan perjalanan menuju gereja Bethany untuk melaksanakan cek kontrol dan pengamanan pelaksanaan misa Natal di gereja yang berada di Jalan Tuanku Tambusai Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, di gereja ini jumlah jemaat cukup ramai berjumlah lebih kurang 2.000 jemaat yang melaksanakan misa Natal.

Kapolresta Pekanbaru sempat berbincang-bincang dengan panitia pelaksana perayaan natal gereja Bethany Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru, dalam hal ini pihak gereja juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Pekanbaru dan Dandim 0301 Pekanbaru atas pelaksanaan patroli dan cek kontrol secara bersama-sama antara sinegeritas TNI Polri guna terciptanya keamanan dibeberapa gereja di wilayah Kota Pekanbaru.

Mengakhiri kegiatan patroli rombongan melanjutkan cek kontrol Pos Pengamanan Depan Ramyana Ops lilin Muara Takus 2018 di Jalan Sudirman kecamatan Pekanbaru Kota, Kapolresta Pekanbaru beserta Dandim 0301 Pekanbaru memberi support dan semangat kepada anggota yang melaksanakan pengamanan dan menghimbau agar selalu waspada dan berhati-hati dalam melaksanakan tugas, serta melaksanakan cek kontrol ke gereja-gereja dan tempat-tempat keramaian masyarakat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. ***