BAGANSIAPIAPI - BrigJen TNI Alfred BH meresmikan alat pendeteksi dini dalam upaya mencegah pelanggaran yang terjadi di perbatasan laut Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Alat itu berupa radar itu yang dipasang di Pos Angkatan Laut (AL) Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau dan langsung dipantau TNI AL di Dumai.

"Alat ini bekerja untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya pelanggaran perbatasan ataupun pelanggaran apa saja. Kita berharap kepada masyarakat dan pemerintah setempat untuk berpartisipasi aktif membantu mengawasi pelanggaran yang ada di perbatasan," kata BrigJen TNI Alfred BH usai acara pemberian alat di kantor Pos AL di Sinaboi, Senin (16/5/2016).

Dia menyebutkan, alat ini merupakan mata dan telinga kita untuk mengawasi apa yang terjadi di tengah laut. Dengan kunjungan ini, dirinya juga ingin melihat langsung kekurangan apa saja yang dihadapi oleh petugas AL di lapangan.

Kekurangan nanti, katanya, akan dilaporkan kepada mentri dan secepatnya akan dipersiapkan itemnya.

Ads
Sementara itu, Bupati Rohil, Suyatno, A.Mp yang ikut mendampingi peninjauan itu mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung upaya AL untuk menjaga wilayah teritorial di perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Dia mengemukakan, kekurangan yang bersifat sarana dan prasarana di Pos AL, akan secepatnya ditangani pemerintah seperti air bersih dan kebutuhan lainnya melalui pengajuan proposal.(amr)