PANGKALAN KERINCI - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Rabu (9/12/2020).

Yan Prana meninjau pelaksanan penyelenggaraan Pilkada Pelalawan 2020, pemilihan bupati dan wakil bupati.

Berdasarkan pemantauan GoRiau.com, Yan Prana mengunjungi TPS 28 di Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota bersama Bupati Pelalawan, HM Harris, Kapolres AKBP Indra Wijatmiko, Pabung Kodim 0313/KPR Pelalawan Mayor Inf S Tarigan, Ketua KPU Wan Kardiwandi dan Ketua Bawaslu Mubrur.

"Kami memantau selama berjalan kesini, untuk pelaksanaan penyelenggaran Pilkada di Pelalawan berjalan dengan baik," kata Yan Prana.

Berdasarkan hasil tinjauan itu, setiap TPS telah melakukan standar protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat. Yan Prana juga mendapatkan laporan penjelasan dari bupati, semua berjalan dengan baik.

"Saya juga mendapat keterangan dari TPS 28 ini. Alhamdulillah di semua TPS menjalankan prokes selama pelaksanaan pemilihan ini dan mereka bisa betul-betul taat," jelasnya.

Menurut Yan Prana, TPS telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pemilih yang datang dibagi dalam beberapa shift agar tidak terjadi penumpukan pemilih di TPS.

"Ada tahapan-tahapan bagi orang yang akan masuk ke dalam bilik suara sehingga itu menghindari kita dari kerumuan," paparnya.

Hasil kunjungannya ke Kabupaten Pelalawan ini, akan menjadi laporan ke pemerintah pusat terkait pelaksanaan Pilkada serenrak di Riau.

"Dan ini akan menjadi laporan kami bersama wakil gubernur dan gubernur untuk laporan ke pemerintah pusat. Artinya untuk 9 kabupaten kota di Riau yang Pilkada untuk sementara laporannya yang saya terima berjalan dengan baik," pungkas Yan Prana. ***