SELATPANJANG – Sebagai wujud nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Riau dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan mencetak sumber daya manusia yang unggul dan cerdas, Pemkab melaksanakan MoU dengan Institut Teknologi dan Sains Meranti, Rabu (31/8/2022).

Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil berharap dengan hadirnya kampus ini bisa membantu pemerintah untuk mendapatkan lulusan terbaik nantinya yang bisa mengisi pekerjaan pada bidang pertanian, peternakan dan teknik informatika di kabupaten bungsu di Riau.

"Penandatanganan nota kesepakatan bersama ini merupakan salah satu wujud ikhtiar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk memenuhi kepentingan mutu pendidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti dimana sektor pendidikan merupakan prioritas utama dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Kepulauan Meranti yakni menjadikan Meranti maju, cerdas dan bermartabat," ujarnya.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Adil tentu dibutuhkan perbaikan serta peningkatan dalam berbagai bidang. Terlebih di era globalisasi saat ini, penguasaan teknologi dan informasi menjadi hal yang wajib dikuasai.

"Untuk mewujudkan visi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti tidak bisa berjalan sendiri, tentunya butuh kolaborasi dengan kampus yang menyediakan keahlian di bidang tersebut. Kami yakin dan optimis ITS Meranti mampu membantu pemerintah untuk mencetak SDM yang unggul, yang ahli pada bidang tersebut," ujarnya lagi.

Sejalan dengan hal tersebut, Adil juga menginginkan agar MoU yang diteken itu dapat segera dikonkretkan dengan OPD teknis terkait.

"Harapan kami, dengan banyaknya anak Meranti lulus dari perguruan tinggi, maka bidang-bidang pekerjaan di daerah dapat diisi anak-anak setempat sehingga adaptasinya lebih cepat dan rasa memilikinya lebih tinggi," harapnya.***