JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Wanita Indonesia, Rudy Eka Priyambada memberikan program peningkatan kebugaran dan permainan dalan  latihan perdana pemusatan latihan (TC) di Lapangan D, Senayan, Jakarta, Kamis (24/6/2021).

“Latihan perdana dengan conditioning training secara individu diikuti peningkatan kebugaran. Hal ini penting dilakukan karena masing-masing pemain memiliki intensitas latihan yang berbeda ketika mereka dipulangkan setelah TC bulan Maret lalu,” kata Rudy Eka Priyambada

Di awal latihan para pemain diwajibkan melakukan jogging terlebih dahulu secara berkelompok, diikuti latihan kebugaran di atas matras dengan dan tanpa bola. Para pemain juga menjalani beberapa latihan untuk melatih kecepatan serta program latihan berinterval.

Setelahnya, para pemain dibagi menjadi dua kelompok besar dengan materi latihan melakukan passing dan dribling, untuk melatih koordinasi dan komunikasi. Adapun sesi latihan ditutup dengan permainan setengah lapangan, dimana para pemain kemudian dibagi menjadi dua kelompok besar, dengan masing-masing diberikan kesempatan untuk menjadi pemain inti dan pengganti.

“Alhamdulillah hari ini saya mendapat laporan bahwa TC Timnas Wanita sudah dimulai. Saya berpesan kepada para pemain untuk tetap menjaga semangat dan terus bekerja keras pada TC kali ini. Banyak pemain muda yang dipanggil, itu artinya akan banyak pemain-pemain potensial yang akan ditempa pada TC ini. Selamat berlatih, tunjukkan yang terbaik dan selalu patuhi protokol kesehatan,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Skuat Garuda Pertiwi pun dijadwalkan akan menjalani dua hingga tiga sesi latihan per hari, yakni kombinasi latihan di lapangan dan sesi kebugaran di gym. TC ini sekaligus sebagai pembentukan kerangka tim untuk menghadapi event internasional tahun 2021 yakni Piala AFF dan SEA Games 2021. ***