CHIANGMAI - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U 19 mendapatkan kesempatan untuk menguji kekuatan salah satu tim yang bermain di K League 1, Busan IPark. Masih dalam pemusatan latihan dengan format latih tanding yang berlangsung 3x30 menit, di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand, Senin (27/1/2020).

Ini adalah latih tanding ketiga Amiruddin Bagas, dan kawan-kawan dalam pemusatan latihan tim nasional U19. Pertama, mereka bermain dengan salah satu klub Universitas, bernama Kyung Hee University. Dimana mereka harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 0-2. Kemudian, kedua, mereka bermain 0-4 melawan Seongnam FC.

Kali ini, melawan Busan IPark yang tahun ini baru saja promosi ke K-League 1, mereka bisa membuat satu gol, meski harus juga mengakui kekuatan tim lawan 1-5.

"Kami masih harus memperbaiki pertahanan kami, dan juga taktik. Tapi wajar karena taktik memang kita belum mempelajarinya. Namun kami semakin bagus untuk fisik, main 80 menit sudah pada sanggup semua. Untuk itu, saya sangat terima kasih kepada para pemain atas usahanya hari ini," kata Shin.

“Hari ini ada gol, meski bunuh diri lawan, tapi skema sampai terjadi hal seperti itu, sesuatu yang harus sangat diapresiasi. Saya tidak membicarakan hasil disini, namun melihat permainan mereka, sudah ada peningkatan disana,” lanjutnya.

“Sekali lagi, lawan bermain sungguh-sungguh, mereka menurunkan tim terbaiknya. Tanpa meremehkan kami. Jadi dengan begini, saya jadi tahu apa yang harus terus diperbaiki dan apa yang bisa terus ditingkatkan.”

Dari tiga hasil laga latih tanding, tim ini terus menunjukkan progres positif, terutama fisik. Memang, sejak sampai di Thailand, Shin Tae Yong langsung fokus pada latihan fisik. Masih ada waktu untuk memperbaiki tim ini, karena bisa dilihat nanti hasilnya. Mereka akan terus melakukan beberapa latih tanding dengan tim-tim disana. Tim ini akan berada disana hingga tanggal 1 Februari 2020. ***