JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Bola Basket Indonesia U-16 Putri terus mengalami perkembangan pesat sejak menjalani latihan mulai 18 Mei 2022 lalu. Kini, mereka siap menghadapi persaingan di FIBA U-16 Women's Asian Championship Divisi B di Amman, Jordania, 24-30 Juni 2022.

"Persiapan kami sudah 80 persen. Kini tinggal persiapan akhir saja. Secara progres, anak-anak berkembang cukup baik," ungkap Pelatih Timnas Bolabasket U-16 Putri, Arif Gunarto.

Dikatakan Arif, penguatan chemistry antarpemain menjadi fokus pembenahan di fase akhir. Demikian juga dengan pembenahan akurasi dan detail-detail kecil dari system of play yang lebih dipertajam.

Persiapan timnas memang harus maksimal karena perjuangan di Amman lawan Indonesia tidak mudah. Tergabung di Grup A, Indonesia akan bersaing dengan Filipina, Samoa, juga syria.

Pertandingan pertama akan dijalani pada 24 Juni 2022 melawan Filipina. Sehari kemudian lawan Samoa. Terakhir melawan Syria pada 26 Juni. Artinya setiap hari timnas memainkan pertandingan berturut-turut selama tiga hari sejak 24 Juni 2022.

"Terkait persaingan, pastinya akan kompetitive dan jujur masi buta akan peta kekuatan lawan," jelasnya.

Namun demikian, Arif mengaku memiliki strategi jitu untuk melawan mereka. Para pemain tidak boleh inferior. Harus mau bertarung untuk memperjuangkan poin demi poin pertandingan.

"Agresif di defense harus ditingkatkan selain memperbaiki terus akurasi," jelasnya.

Rencananya, timnas akan bertolak ke Amman pada 22 Juni 2022. Mereka akan terbang menggunakan Qatar Airways. Keberangkatan akan dilakukan pukul 09.10 WIB. ***