JAKARTA – Ada rencana besar Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) di balik pemanggilan pemain muda melalui Badan Tim Nasional (BTN) dalam persiapan menghadapi SEA Games XXXII/2023. Apa itu? Federasi bolabasket Indonesia itu sengaja mengumpulkan pemain muda di training camp (TC) untuk mengawali langkah regenerasi di Tim Nasional (Timnas) 5x5 Putra.

"Formasi kita di SEA Games 2023 belum rampung 100 persen. Kita ada niat untuk mencoba melakukan regenerasi dengan memanggil mayoritas pemain muda," jelas General Manager Timnas 5x5 Putra, Jeremy Imanuel Santoso.

Awalnya pemanggilan dilakukan pada 19 pemain. Namun akhirnya Badan Tim Nasional menambah satu nama dengan memasukkan Anthony Erga. Di IBL Indonesia 2022, Erga merupakan salah satu andalan Satria Muda Pertamina. Jadi pemain yang masuk TC berjumlah 20 nama.

"Pada TC kali ini kita mau lihat talent yang dimiliki pemain muda kita. Dengan ukuran size di atas rata-rata, kita mau lihat yang baru. Nanti kita temukan formulasinya agar nanti bisa dicampur dengan pemain senior, ya seperti Andakara Prastawa, Arki Dikania Wisnu dan lainnya," jelas Jeremy.

Diakui Jeremy, dalam perjalanannya nanti persiapan timnas juga akan melibatkan pemain senior. Pemain-pemain seperti Andakara Prastawa, Arki Dikania Wisnu, Juan Laurent dan lainnya. Juga pemain yang berkarir di luar negeri diantaranya Marques Bolden, Brandon Jawato, Derrick Michael, juga Agassi Goantara.

Momentum pencampuran dengan pemain senior itu diharapkan bisa menularkan ilmu. Agar timnas bisa lebih kuat. Juga bisa menjadi panutan. "Pemain senior dipanggil akhir tahun karena pemain senior sudah nonstop sejak SEA Games 2021. Kita kasih dulu istirahat. Kini kesempatan adik-adiknya mencoba di level senior," ujarnya. "Untuk yang di luar negeri kami berikan kesempatan untuk berkarir di sana dulu. Nanti akan dipanggil jelang SEA Games," lanjutnya.

Sementara itu, Project Manager Timnas Putri, Christopher Tanuwidjaja mengatakan, pada TC kali ini ada satu pemain yang belum bisa gabung. Namanya Ni Putu Eka Liana. Dia batal gabung karena alami cedera meniskus.

"Cedera meniskus Putu Eka Liana harus operasi dan kita sudah kita aturkan untuk operasinya, kini kita fokus pada revovery. Mungkin kedepannya ada kesempatan untuk gabung," ujar Christopher.

Dijelaskan Christopher, sampai saat ini belum ada pemanggilan pemain lagi. Belum ada pergantian. Timnas akan fokus pada pemain yang sudah ada. "Kita akan fokus dulu ke Liga SEABA Putri yang akan berlangsung Oktober," ujarnya.

Selama di Liga SEABA, lanjutnya, Timnas sementara tidak akan pakai servis Kimberley Pierre Louis dan Peyton Alexis Whitted. Kedua pemain naturalisasi itu akan diparkir dulu. Di Liga SEABA hanya akan andalkan pemain lokal.

"Setelah SEABA, kita akan kembali persiapan untuk SEA Games dan akan menambah pemain dengan memanggil beberapa pemain dari Timnas U-18 yang kemarin berangkat ke India. Siapa saja mereka, tunggu setelah SEABA," terang Christopher dalam rencananya terkait regenerasi di Timnas Putri. ***