RENGAT, GORIAU.COM - Tim seni pertunjukan rakyat asal Kabupaten Inhu, Kamis (23/5) berangkat ke Medan, Sumatara Utara untuk mengikuti malam final Festival Pertunjukkan Rakyat Tingkat Nasional dalam rangka Pekan Informasi Nasional Tahun 2013. Tim ini akan tampil bersama beberapa tim yang sudah lolos ke final dari seluruh provinsi di Indnesia.

Penampilan tim seni Inhu pada malam final Pertunjukan Rakyat Nasional ini merupakan suatu kebanggaan karena kesenian bisa lebih dikenal di di tingkat nasiona. Tim dilepas oleh Asisten I bidang Pemerintah dan Kesra Setda Inhu, Junaidi Rachmat.

Pada event tersebut, tim seni pertunjukkan rakyat asal Kabupaten Inhu akan mewakili Provinsi Riau dan Sumatera, sebab pada ajang yang sama tingkat Provinsi Riau, tim seni pertunjukan rakyat asal Inhu tampil sebagai juara pertama. Dan pada seleksi yang diikuti 33 provinsi se Indonesia di Jakarta, tim seni pertunjukkan Inhu masuk sebagai tiga besar finalis mewakili Sumtera bersama tim dari Jambi dan Sumatera Utara.

''Ada sembilan finalis yang akan tampil pada Festival Pertunjukan Rakyat tingkat nasional ini. Tiga dari Sumatera, tiga dari Jawa dan tiga lagi dari Indonesia bagian timur. Alhamdulillah tim seni pertunjukan Inhu akan mewakili Riau dan Sumatera pada event tersebut,” ungkap koordinator tim Inhu, H Mailiswin, disela-sela pelepasan, Kamis (23/5/2013).

Tim seni pertunjukan Inhu akan membawakan cerita Pulau Sicaram. Cerita ini berkisah tentang perkawinan seorang putri dari khayangan dengan rakyat biasa. Dalam cerita ini terkandung pesan-pesan moral dan pembangunan yang berguna bagi masyarakat.

Sedangkan para pemain yang memperkuat tim seni pertunjukan Inhu berasal dari Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri Rengat yang dikoordinir Komite Teater Dewan Kesenian Indragiri Hulu.

Ketua Harian Dewan Kesenian Indragiri Hulu ini berharap dukungan doa masyarakat Inhu sehingga tim seni pertunjukan Inhu dapat meraih prestasi terbaik pada ajang bergengsi yang diselenggaraan tiap tahun tersebut. ''Persiapan sudah kita lakukan sejak beberapa waktu lalu, mudah-mudahan kita bisa meraih prestasi terbaik,'' ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Inhu, Junaidi Rachmat mengharapkan tim seni pertunjukan rakyat asal Inhu tersebut dapat berprestasi pada tingkat nasional. Sebab selama ini Kabupaten Inhu sangat diperhitungkan untuk kegiatan seni dan budaya baik tingkat provinsi maupun nasional.

Junaidi juga berharap keberangkatan tim seni pertunjukan rakyat asal Inhu mewakili Riau dan Sumatera pada ajang nasional ini dapat menjadi motivasi bagi sanggar dan perkumpulan seni lain di Inhu agar terus berlatih untuk dapat berprestasi dan terus berkarya. ''Pemkab Inhu akan terus mendukung berbagai kegiatan positif, terutama kegiatan seni dan budaya seperti ini,'' ucapnya. (aun)