MANILA - Kesuksesan Tim Polo Air Putra Indonesia merebut medali emas pertama bagi Kontingen Indonesia memicu cabang olahraga lain untuk bisa mempersembahkan medali yang sama. Tim Balap Sepeda Indonesia bertekad merebut satu medali emas dari nomor MTB Cross Country putra yang bakal digelar di Luzon, Filipina, Minggu, 1 Desember 2019.

"Di hari pertama, balap sepeda hanya memperebutkan saru medali emas dari nomor MTB Cross Country. Dan, kita akan berusaha keras untuk bisa merebutnya," kata Manajer Tim Balap Sepeda Indonesia, Budi Saputra di Manila, Sabtu (30/11/2019).

Peluang untuk merebut medali emas di nomor tersebut, kata Budi Saputra, cukup terbuka karena baru dipertandingkan pada SEA Games Filipina 2019. Sebelumnya, MTB Cross Country tidak dipertandingkan pada SEA Games Malaysia 2017. "Saingan terberat datang dari pebalap sepeda tuan rumah Filipina dan Thailand. Tetapi, peluang kita tetap terbuka," katanya.

Di nomor MTB Cross Country, Indonesia akan menurunkan dua pebalap andalannya, Zaenal Fanani dan Mohammad Rafika. Kondisi fisik keduanya, kata Budi Saputra, sangat prima untuk melahap track sepanjang 4,2Km. "Kondisi Zaenal dan Rafika cukup prima dan mereka juga sudah bisa beradaptasi dengan track," ungkapnya.

Di SEA Games Filipina 2019, Tim Balap Sepeda Indonesia ditargetkan merebut dua medali emas dari nomor BMX dan Mountain Bike (MTB).  "Target kami sudah ditetapkan yaitu dua emas. Satu di nomor BMX dan satu emas lagi dari MTB nomor downhill," ujar Budi.
Melihat dari hasil Kejuaraan Asia dan Asian Games 2019, balap sepeda berpotensi mendulang emas dari nomor BMX dan Mountain Bike (MTB), terutama nomor downhill.
Pembalap asal Malang, Popo Ario dan Tiara Andini Prastika yang bakal turun di kelas downhill, akan ditargetkan untuk kembali menyabet emas. Tiara sendiri merupakan juara di nomor downhill saat balapan di Asian Games 2018 Jakarta.

Selain Tiara, peraih medali emas di SEA Games 2017 yakni, pembalap BMX putra Indonesia, I Gusti Bagus Saputra, juga digadang-gadang bisa meraih medali emas. Namun, Budi mengaku tak ingin muluk-muluk untuk menjadi juara umum di cabang sepeda.

Pasalnya, Pada SEA Games 2017 di Malaysia, balap sepeda menyumbang dua medali emas, dua medali perak, dan tujuh medali perunggu. Sayangnya, di SEA Games 2019, nomor BMX putri tidak dipertandingkan. ***