SELATPANJANG - Silat tidak hanya melatih fisik, akan tetapi silat lebih mendidik kepada rohani serta akhlak para anak-anak didik itu sendiri, silat juga bukan ilmu bela diri untuk pamer-pameran dan belajar silat bukan untuk memukul orang lain akan tetapi belajar silat untuk membela diri.

Demikian diungkapkan Ketua Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepulauan Meranti, Rony Samudra SH, melalui Ketua Bidang Pengembangan Prestasi (Bimpres) Sawaluddin, pada Rabu (11/12/2019).

"Mari kita lestarikan budaya bangsa ini, banggalah kita dengan budaya sendiri, mari kita jadikan silat sebagai sarana untuk mencari teman sebanyak-banyaknya, karena bagi pesilat seribu kawan sangatlah sedikit, satu lawan sangatlah banyak," ujarnya.

Untuk itu, Sawaluddin menegaskan jangan sampai ada gesek-gesekan antar sesama pesilat atau antar perguruan. Karena filosofinya sesama pesilat itu adalah saudara apapun perguruannya, apapun warna bajunya tetap bersaudara yang pastinya saudara sebangsa setanah air Indonesia.

"Mari kita jadikan silat sebagai sarana untuk meraih prestasi bagi anak-anak bangsa, khususnya anak-anak  di Kabupaten Kepulauan Meranti ini," sebutnya.

Dijelaskan Sawaluddin, sebelumnya perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Selatpanjang telah mengelar latihan bersama dengan sejumlah peruguruan silat yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, diantarannya perguruan Perisai Diri (PD), Satria Mandiri, IKS-PI dan perguruan Cakar Elang.

Latihan bersama tersebut digelar dalam rangka Milad ke I PSHT ranting Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Cabang Pekanbaru, Provinsi Riau yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Jalan Dorak Selatpanjang, pada Minggu (8/12/2019) lalu.

Ketua PSHT Ranting Selatpanjang, Budi Santoso ST mengucapkan terimakasih kepada seluruh peruguruan ikut hadir dalam kegiatan latihan bersama tersebut.

"Atas nama perguruan PSHT Ranting Selatpanjang Cabang Pekanbaru, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh perguruan silat yang hadir pada Milad ke I Perguruan PSHT Ranting Selatpanjang, semoga apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah bagi kita semua," ungkapnya.

Dikatakan Budi, kegiatan latihan bersama yang digelar itu juga bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi antara sesama perguruan silat yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti dan sekaligus untuk mempromosikan silat secara umum kepada masyarakat luas.***