SELATPANJANG, GORIAU.COM - Salah satu ponton bermuatan pasir, Jumat (6/12/2013) pagi menghantam jembatan Perumbi di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Ponton yang terseret arus pasang ini mematahkan beberapa tiang besi penyangga yang dipasang di bawah jembatan.

"Arus pasang sangat deras. Jadi posisi ponton sudah sebagian masuk ke bawah jembatan. Ada 3 tiang penyangga jembatan patah," kata Basirruddin Ketua Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Tebing Tinggi Barat kepada GoRiau.com, Jumat (6/12/2013) siang.

Basir juga mengatakan atas kejadian ini, Ia mewakili Mahasiswa Tebing Tinggi Barat telah melaporkan ke pihak Kecamatan untuk meninjau aktivitas bongkar muat yang menyebabkan kerusakan jembatan itu. Basir juga meminta pihak kecamatan mengambil tindakan lebih lanjut, untuk mengkoordinasikan dengan pihak terkait.

"Waktu itu hanya ada Sekcam, dia tidak tahu harus berbuat apa, katanya menunggu camat. Kami tunggu jawban hari Minggu ini," kata Basir lagi.

Basir juga mempertanyakan kenapa harus bersandar dekat jembatan Perumbi yang merupakan penghubung desa ke pusat kota itu. Ia juga melihat pelabuhan Kundur masih bisa digunakan untuk bersandar ponton yang membawa pasir untuk penimbunan jalan Desa Batang Malas itu.

"Kalo seandainye masih diteruskan aktivitas di sana bisa fatal, truk yang digunakan untuk mengangkut pasir itu muatan banyak, juga mengkhawatirkan keadaan jembatan," tambah Basir.(zal)