PEKANBARU - AKBP Asep Darmawan dicopot dari jabatan sebagai Kapolres Kampar, ternyata akibat ketahuan ngobrol saat Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz memberikan arahan pada rapat apel kesiagaan Kesatuan Wilayah (Kasatwil) 34 Kapolda dan 600-an Kapolres se-Indonesia di Depok, Jawa Barat saat HUT Brimob, Kamis (14/11/2019) lalu.

Sebelumnya, AKBP Asep juga sempat mendapat teguran sebelum akhirnya dicopot dari jabatannya.

Berdasarkan Surat Kapolri melalui telegram nomor: ST/3094/XI/KEP./2019, AKBP Asep Darmawan dimutasi sebagai Pamen Yanma (Pelayanan Masyarakat) di Mabes Polri dalam rangka pemeriksaan.

Surat resmi itu ditandatangani Asisten SDM Polri, Irjen Pol Dr Eko Indra Heri, 18 November 2019.

"Iya karena ngobrol. Tindaklanjutnya menunggu keputusan hasil pemeriksaan dan sementara dimutasikan ke Mabes," ungkap Asisten SDM Polri, Irjen Pol Eko.

Tidak hanya ngobrol, AKBP Asep juga pernah datang terlambat saat Kapolri Idham Azis yang sedang memberikan pengarahan dalam Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda serta Apel Kasatwil Kesiapan Polri dalam mengamankan Pilkada serentak tahun 2020.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto saat dihubungi GoRiau.com mengatakan, dirinya tidak mengetahui pasti penyebab AKBP Asep dimutasi dalam rangka riksa (pemeriksaan).

"Belum tahu. Ya mutasi kan hal biasa di organisasi Polri," kata Kombes Pol Sunarto singkat, Senin (18/11/2019). ***