PADANG -- Dua bocah bersaudara (kakak beradik) berusia 7 dan 5 tahun di Padang, Sumatera Barat menjadi korban pencabulan yang dilakukan bebera pria.

Para pelaku aksi keji dan biadab itu merupakan orang dekat kedua korban, yakni kakek, paman, kakak dan tetangganya.

Dikutip dari suara.com, Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, mengatakan, kasus ini terungkap setelah korban menceritakan tindakan asusila yang dialaminya kepada tetangganya.

''Jadi dua korban datang ke tetangga dan menceritakan bahwa mereka mendapat tindakan tidak mengenakan (dicabuli) oleh kakek, paman, kakak dan tetangganya,'' kata Rico, Rabu (17/11/2021).

Usai mendengar cerita korban, kata Rico, tetangganya langsung mendatangi Polresta Padang untuk melaporkan perbuatan keenam pelaku.

''Selanjutnya kami mengumpulkan saksi-saksi serta melakukan visum terhadap korban,'' katanya.

Diakui Rico, berdasarkan hasil visum memang ditemukan tanda-tanda bahwa korban telah mengalami tindakan pencabulan.

''Setelah keterangan saksi-saksi dan hasil visum keluar, barulah kami melakukan penangkapan terhadap pelaku. Dua dari dari enam pelaku masih buron,'' tuturnya.

Empat pelaku ditangkap di kawasan Pasar Raya Padang. Mereka berinisial J (kakek korban), G (kakak kandung korban), R (kakak sepupu korban) dan R (paman korban). Sementara dua pelaku yang masih buron berinisial U (tetangga korban) dan A (kakak kandung korban).

Kedua pelaku dicabuli dihari yang berbeda oleh para pelaku. Pertama yang melakukan adalah kakek korban. Kemudian pada hari berikutnya dilakukan oleh 5 pelaku lainnya.

Para pelaku dijerat dengan pasal 82 ayat (1) dan ayat (2) Jo pasal 76E UU RI nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman maksimal 15 tahun.***