PEKANBARU - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, H Zukri berjanji akan memperjuakan dan meneruskan aspirasi buruh yang melakukan aksi hari ini, Senin (3/2/2020) di gedung DPRD Riau, Pekanbaru.

Pernyataan itu disampaikannya saat menerima perwakilan dari Serikat Buruh Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) yang tergabung dalam FSPMI - KSPI Kabupaten Pelalawan.

''Inikan kan baru RUU, intinya kebijakan ataupun peraturan yang dibuat oleh pemerintah jangan sampai merugikan buruh dan masyarakat,'' jelasnya.

Dikatakan, rancangan undang-undang berupa omnibus law yang disiapkan pemerintah pasti ada sisi kebaikannya terhadap buruh dan percepatan pembangunan serta investasi nasional.''Jadi kita harus melihat rancangan omnibus law ini secara konferehensif, jangan terlalu cepat mempercayai berita-berita simpang siur terkait omnibus law yang bisa merugikan buruh sebelum membaca dan menganalisa secara utuh,'' jelasnya.

Selaku wakil rakyat, tambahnya, pihaknya berkomitmen untuk menyampaikan aspirasi dan suara buruh ini ke institusi yang lebih tinggi lagi.

Sebelumnya diberitakan, puluhan buruh mendatangi gedung DPRD Riau menuntut kesejahteraan dan apa yang menjadi hak-hak buruh. Mereka menolak keras pasal-pasal ketenagakerjaan yang ada pada Rancangan Undang-undang Cipta Lapangan Kerja, dan menolak omnibus law.

Selain itu, mereka juga menolak kenaikan iuran BPJS, penghilangan pesangon, penggunaan outsourcing dan kontrak diperluas, dan juga pengilangan upah minimum serta upah dibayar per jam. ***