SELATPANJANG - Setiap akhir tahun, di Kepulauan Meranti, Riau, debit air laut meningkat saat sedang pasang. Tak sedikit wilayah atau jalan terendam air pasang. Seperti di Jalan Penyeberangan Kempang Mekong-Semukut.

Pantauan GoRiau, Sabtu (19/11/2016) siang, lebih 200 meter jalan penyeberangan itu terendam air laut yang sedang pasang.

Warga yang hendak menyeberang Selat Rengit atau menuju Desa Mekong, harus memanfaatkan kempang yang disiapkan pemuda setempat. Jika tidak, besar resiko terhadap kendaraan bermotor, besi akan keropos terkena air asin atau mati total.

Kempang yang disiapkan untuk membantu warga melintas di jalan terendam air laut tidak menggunakan mesin. Melainkan ditarik oleh 3 pemuda, Apit, Bob, dan Muh.

Kepada GoRiau, Apit mengaku sengaja mempersiapkan kempang untuk jasa penyeberangan. Sebab, jika terendam air asin besar resiko sepeda motor akan rusak. "Bukan masalah karat, tetapi kadang mati mesinnya ketika melintas di jalan yang terendam," kata Apit.

Untuk menggunakan jasa penyeberangan di atas jalan terendam ini dipatok harganya berdasarkan jarak. Kata Apit, kadang warga harus bayar Rp5 ribu hingga Rp15 ribu sekali menggunakan kempang. "Tergantung jauh dekatnya," ujar Apit lagi.

Kemudian, menyeberang di Selat Rengit warga harus mengeluarkan uang Rp10 ribu.

Beberapa warga ditemui di lokasi jalan terendam air lait mengatakan khawatir sepeda motor akan rusak. Lalu, kebanyakan dari mereka tidak tahu kapan jadwal air laut pasang, sehingga ketika melintasi jalan sudah terendam air laut.

Di hari yang sama, dua pemuda yang bekerja di koperasi simpan pinjam Selatpanjang sempat nekad melintasi jalan yang terendam air pasang itu. Tiba-tiba sepeda motor jenis bebek itu mati ketika sampai di tengah jalan. Pasalnya, air pasang laut mencapai 60 hingga 70 meter.

Kemudian, kepada Pemda setempat, tak sedikit warga berahap agar adanya penimbunan sehingga badan jalan menjadi tinggid antak mudah terendam. "Tiap tahun seperti ini, mau sampai kapan," kata Rahmat kepada GoRiau. *** ***#Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini