JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mendukung PSSI dalam memajukan sepak bola nasional. Menpora menegaskan, tidak akan mencampuri internal organisasi PSSI seperti cabang olahraga lainnya.

"Presiden Joko Widodo pun berharap agar sepak bola Indonesia bisa berprestasi. Beliau juga berpesan Indonesia harus sukses dalam penyelenggaraan Piala Dunia U20 tahun 2021. Pelaksanaan Piala Dunia menjadi pertaruhan bangsa," tegas Zainudin Amali.

Menpora juga mendukung pelaksanaan Kongres PSSI. "Untuk Kongres, kalau FIFA okay, maka pemerintah juga okay. Kita sudah melihat bagaimana sambutan Presiden FIFA Gianni Infantino yang mendukung pelaksanaan Kongres," kata Zainudin.

Kongres PSSI juga dihadiri Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dan Ketua KONI Marciano Norman. Keduanya mendukung pelaksanaan Kongres PSSI dan berharap menghasilkan output yang positif untuk sepak bola Indonesia.

"Kami mengajak semua untuk menjadikan piala dunia u20 sebagai indikator kebangkitan bangsa Indonesia di mata internasional. Sepak bola maju olahraga lain akan bisa mengikuti," ujarnya.

KLB PSSI juga disaksikan langsung dua delegasi FIFA dan tiga delegasi AFC. ***