PEKANBARU, GORIAU.COM - Mantan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Riau, Chairul Riski mengaku akan berangkat Rabu (6/5/2015) sore ini mengikuti pelatihan sebagai calon Assessor di Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Ciawi, Jawa Barat.

"Iya jadi, sore ini," kata Riski kepada GoRiau.com, Rabu (6/5/2015).

Saat ditanyakan siapa saja yang akan berangkat bersamanya untuk tahap pertama ini, Riski mengaku tidak mengetahuinya. "Saya tak tahu siapa saja," ujarnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, mengatakan, untuk tahap pertama ini akan dikirim sebanyak 5 calon Assessor dari Riau. Mereka diantaranya Chairul Riski (mantan Kepala BPAD), Said Saqlul Amri (mantan Kepala BPBD), Noverius (mantan Kasatpol PP), Nizhamul (mantan Kepala Kesbangpol), Edi Syafwanur (mantan Kabid di Balitbang) serta Eko.

"Nanti tanggal 6 diberangkatkan (ke BKN mengikuti pendidikan)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang menyebutkan nantinya akan ada terus tahapan lanjutan guna mengikuti pendidikan sebagai calon assessor.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Riau, Asrizal membenarkan adanya pengiriman 5 mantan pejabat Riau ke BKN tersebut. Dimana setelah pengiriman tahap pertama ini, akan ada susulan pengiriman nama-nama mantan pejabat Riau berikutnya.

"Untuk tahap kedua nanti belum bisa kita pastikan. Yang jelas nama-namanya sedang kita proses sekarang," ungkap Asrizal.

Sesuai dengan petunjuk BKN, jumlah formasi Assessor yang disetujui untuk Riau sebanyak 30 orang. "Makanya dengan jumlah segitu, kita kirim bertahap dulu. Nama-namanya sedang kita proses, cuma kapannya belum pastikan," paparnya.

Nizhamul Dipertanyakan

Keikutsertaan Nizhamul masih menjadi pertanyaan di sejumlah kalangan. Tidak terlepas dari ranah legislator Riau. Karena menjadi peserta assessment di Lingkungan Pemprov Riau dirinya tidak lulus.

Sementara 4 calon assessor lainnya sudah dinyatakan lulus seleksi assessment oleh Panitia Seleksi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Provinsi Riau.***