PEKANBARU - Upaya Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru untuk melakukan efesiensi tagihan Penerangan Jalan Umum (PJU) mulai menunjukkan hasil di tahun 2020.

Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso kepada wartawan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berhasil menurunkan anggaran PJU sebesar 40 persen pada Januari 2020. Dimana tagihan PJU yang pada tahun 2019 mencapai angka sekitar Rp12 miliar perbulan menjadi Rp7 miliar.

Upaya-upaya tersebut diantaranya dengan mengganti lampu PJU menggunakan Lampu Hemat Energi (LHE) dan meterisasi.

"Dengan kegiatan kita tahun ini mengganti lampu LHE dan meterisasi, pada akhirnya kita sudah bisa menekan tagihan menjadi Rp7 miliar untuk Januari 2020," ujarnya, Selasa, (18/2/2020).

Yuliarso mengatakan, untuk meterisasi yang sudah dimulai Dishub Pekanbaru sejak tahun sebelumnya belum mencapai 100 persen. Setidaknya masih ada 15.000 PJU lagi yang belum di meterisasi.

"Karena keterbatasan anggaran, tahun lalu baru 60 persen PJU yang sudah di meterisasi, tahun ini kita targetkan hingga 80 persen, dan 20 persen lagi dilanjutkan tahun depan. Kalau nanti sudah sepenuhnya meterisasi, kita targetkan tagihan PJU bisa turun hingga Rp6 miliar sampai Rp5 miliar," paparnya.***