SIAK, GORIAU.COM - Tour de Siak 2013 disambut gegap gempita masyarakat Siak. Hampir seluruh desa yang dilewati para pebalap, menyambut dengan baik event akbar yang baru pertama kali diselenggarakan di kabupaten yang baru berdiri 13 tahun itu. Bahkan masyarakat berbondong menyaksikan dari pinggir jalan yang dilalui.

''Saya mengucapkan terimakasih dan bangga kepada seluruh masyarakat Siak yang sudah menyambut dengan gegap gempita penyelenggaraan Tour de Siak 2013. Di seluruh desa yang dilalui, masyarakat turun ke jalan untuk menyaksikan para pebalap adu kecepatan. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih,'' ungkap Bupati Siak Drs H Syamsuar dengan penuh semangat saat menutup Tour de Siak 2013, Minggu (15/9/2013) malam.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16092013/ramai-1jpg-383.jpgKarena sambutan yang luar biasa tersebut, tambahnya, Pemerintah Kabupaten Siak sudah melakukan evaluasi seluruh penyelengaraan. Dan tahun depan, Tour de Siak 2014 akan dilaksanakan dengan lebih baik dan lebih besar lagi. ''Kita akan mengajak kabupaten dan kota tetangga untuk ikut ambil bagian pada Tour de Siak 2014,'' ujarnya.

Sementara itu, acara penutupan yang dihibur grup musik ibukota Lyla itu juga terlihat ribuan warga memadati Lapangan Siak Bermadah. Selain menampilkan artis ibukota, sebelumnya panitia juga memutar video hasil rekaman seluruh perlombaan dari 3 etape baik dari darat maupun udara yang disunting begitu apik sehingga membuat kagum seluruh undangan dan masyarakat.

Video singkat tersebut juga menggambarkan kekayaan alam Siak yang luar biasa dengan peninggalan sejarah Istana Siak dan diselingi dengan gambar lokasi perkebunan, tambang minyak hingga keindahan Kota Siak Sri Indrapura dari udara. Selain menampllkan video perjalanan Tour de Siak, pada acara penutupan, Pemkab Siak dan panitia juga menyuguhkan kekayaan kesedian Siak yang sudah terkenal hingga mancanegara lewat tari-tarian daerah yang dipersembahkan dengan paduan permainan lampu laser yang menarik. ***https://www.goriau.com/assets/imgbank/16092013/ramai3jpg-384.jpgWarga Siak berdiri di pinggir jalan untuk menyaksikan Tour de Siak 2013. (foto hermanto ansam)https://www.goriau.com/assets/imgbank/16092013/ramai6jpg-385.jpgPebalap asing menjadi pusat perhatian warga. (foto hermanto ansam)https://www.goriau.com/assets/imgbank/16092013/ramai5jpg-387.jpgMasyarakat berdiri di pinggir jalan saat pebalap mamasuki Kota Siak. (foto hermanto ansam)https://www.goriau.com/assets/imgbank/16092013/ramai2jpg-388.jpgIbu-ibu berdiri di pinggir jalan menunguu kedatangan para pebalap Tour de Siak. (foto hermanto ansam)