SIAK, GORIAU.COM - Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) siap memasukkan Tour de Siak menjadi salah satu kalender internasional. Masuknya Tour de Siak akan meningkatkan minat pebalap ikut pada Tour de Siak 2014 mendatang.

''Kita akan masukkan Tour de Siak sebagai salah satu kalender Union Cycliste Internationale (UCI) agar pebalap yang ikut event ini meraih point. Jika sudah begini, maka tahun depan Tour de Siak akan diikuti lebih banyak pebalap,'' ujar Sekjen PB ISSI Sofyan Ruzian.

Menurutnya, balap Tour de Siak 2013 berbeda dengan event sejenis karena lomba ini merupakan ajang kompetisi bagi para ''raja'' sprint. Tour de Siak minim tanjakan, jadi sprint merupakan klasifikasi yang menantang bagi para pebalap.

''Penyelenggaraan Tour de Siak ini luar biasa, penyambutannya sangat bagus. Selama saya melihat turnamen sejenis, ini luar biasa, acara pembukaan dan penutupannya sangat meriah, dan sambutan masyarakatnya juga luar biasa,'' ujar Sofyan pada acara penutupan.

Karena itu, Sofyan yakin, jika Tour de Siak bisa masuk ke kalender UCI, maka tahun depan penyelenggaraan akan lebih meriah, dan diharapkan juga bisa merangkul kabupaten lain sehingga lebih menarik dan rutenya juga lebih jauh. ***