NANNING -  Tim Piala Sudirman mulai menjalani latihan teknik pertama di Nanning pada hari ini, Kamis (16/5/2019). Sesi latihan teknik berlangsung selama dua jam dari pukul 16.00-18.00 waktu Nanning dengan menggunakan lima lapangan.

Manajer Tim Piala Sudirman, Susy Susanti, menyampaikan bahwa para atlet ada dalam kondisi fit. Cuaca panas di Nanning menjadi salah satu hal yang diwaspadai tim.

"Semua atlet dalam kondisi fit, meskipun tadi agak panas saat latihan, tapi penanganannya cepat supaya tidak dehidrasi. Kami juga sudah mengingatkan kalau ada yang rasanya ada gejala mau sakit, cepat-cepat bilang, supaya cepat ditangani, jangan menunggu parah," kata Susy kepada Badmintonindonesia.org.

"Sampai sekarang semuanya berjalan lancar, para atlet semangat dan kompak, mudah-mudahan mereka lebih fokus dalam menghadapi pertandingan. Kami juga jaga suasana jangan sampai mereka tegang," ujarnya.

Pertandingan babak penyisihan pertama akan dilangsungkan pada Minggu (19/5). Inggris akan menjadi lawan pertama tim Indonesia di grup B, dilanjutkan dengan laga melawan Denmark, dua hari kemudian, pada hari Rabu (22/5).

Indonesia mau tak mau harus menyabet posisi juara grup, agar terhindar dari lawan unggulan di babak perempat final yang kemungkinan besar menjadi jawara di grup masing-masing.

"Di fase penyisihan grup pasti ada target juara grup, step by step, jangan berpikir terlalu jauh, tapi pikir yang ada di depan kami dulu saja. Inggris mungkin membawa pemain dengan jumlah minim, tapi kami tetap harus waspadai, jangan sampai lengah," jelas Susy.

"Bukan takabur, tapi kalau melihat kekuatan, seharusnya kami bisa mengatasi Inggris, semua sektor kami harapkan bisa punya tanggungjawab menyumbang poin, tidak hanya mengandalkan satu sektor saja. Kami minta semua sektor bisa kasih kontribusi menyumbang poin," jelas peraih medali emas tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992 ini.

Tim Indonesia akan mulai menjajal arena pertandingan di Guangxi Sports Center Gymnasium pada esok hari dari pukul 09.40 - 10.20 waktu Nanning. Selebihnya, latihan akan dilanjutkan di lapangan latihan yang telah disediakan panitia penyelenggara. ***