SELATPANJANG - Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau diimbau untuk selalu waspada saat menukar uang di bank untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diingini.

Imbauan itu disampaikan Sekda Kepulauan Meranti H Yulian Norwis SE MM, mengingat banyak masyarakat melakukan aktivitas penukaran uang ke setiap bank maupun pengambilan uang untuk keperluan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi.

"Saya berharap masyarakat Meranti yang ingin ke bank untuk melakukan penukaran uang maupun mengambil uang dengan jumlah besar dan kecil hendaknya ditemani baik itu suami maupun teman dekat dan kalau perlu bawa polisi," ingat Yulian.

Selain itu, Sekda yang disapa Icut menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan waspada saat membawa uang dan memakai perhiasan yang berlebihan. Dengan adanya hal demikian, tentunya kejahatan bisa saja timbul dikarenakan adanya kesempatan ditambah lagi menjelang lebaran. 

Ads
"Selain berhati-hati dalam membawa uang juga jangan mengenakan perhiasan yang berlebihan karena memberi kesempatan kepada pelaku untuk melakukan aksi kejahatannya," ingatnya lagi.

Sementara itu, Kapolres Meranti AKBP La Ode Proyek SH MH mengungkapkan bahwa sampai saat ini Polri selalu siap sedia untuk mendampingi masyarakat yang membawa uang dengan jumlah besar. Bahkan dirinya juga membeberkan selama ini pihaknya sudah dilibatkan dalam mendampingi dan sudah berjalan.

"Jangan sungkan meminta bantuan polisi apabila membawa barang berharga atau akan melakukan aktivitas tukar uang ke bank untuk keperluan membayar THR para pekerja," katanya.

La Ode juga memaparkan kalau kondisi di Kepulauan Meranti aman dan untuk masyarakat yang membawa uang dalam jumlah yang besar agar berhati-hati.

"Kejahatan timbul jika ada kesempatan dan niat, kalau ragu langsung minta pendamping dari Polri soalnya di setiap bank anggota kita sudah ada dengan senjata lengkap," ungkapnya.***