PEKANBARU - Suporter Timnas Indonesia menilai pencapaian Timnas Indonesia dalam pagelaran Piala AFF Suzuki Cup 2020 bulan Desember lalu di Singapura menjadi momen kebangkitan persepakbolaan Indonesia.

Meskipun di event dua tahunan tersebut Indonesia hanya menempati posisi kedua, namun dibawah kepemimpinan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Indonesia tampil menjanjikan dan banyak menuai pujian dari masyarakat Indonesia.

Dolly San David, Old Ultras Curva Nord 1955 Pekanbaru mengatakan, supporter dan masyarakat tidak mempermasalahkan hasil akhir yang diperoleh Timnas Indonesia.

Suporter menggagap bahwa ditubuh Timnas Indonesia ada perkembangan yang positif. Diisi oleh para pemain muda, anak asuh Shin Tae-yong ini mampu bermain hanya dengan sekali kalah selama pergerlaran AFF Suzuki Cup 2020.

"Perkembangan positif tersebut membuat banyak orang memiliki optimisme bahwa masa depan sepakbola Indonesia akan menuju sepakbola yang maju," katanya, Kamis (13/1/2022).

Dolly mengaku merasakan optimisme dalam dirinya ketika melihat timnas Indonesia berlaga di AFF Suzuki Cup 2020

"Rasanya sangat sudah lama kita menyaksikan tim merah putih bisa bermain dengan visi yang bagus, peningkatan fisik yang signifikan dan tentunya ini adalah skuad termuda di AFF Suzuki Cup 2020 tentunya aset masa depan sepakbola kita," jelasnya.

Sebelumnya Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan saran kepada pecinta sepakbola untuk diadakannya rembuk nasional sepakbola Indonesia, hal ini tentu bertujuan untuk terus mendesain persepakbolaan Indonesia yang lebih baik.

Untuk mendukung perkembangan persepakbolaan Indonesia, Dolly mendukung adanya rembuk nasional sepakbola Indonesia itu sendiri.

"Rasa optimisme sepakbola Indonesia menuju kejayaan ini semakin kuat ketika seluruh elemen masyarakat dinegeri ini bersama-sama mendukung langkah-langkah positif yang diambil untuk kemajuan sepakbola Indonesia," bebernya.

Tekad Indra Perdana Abidin selaku Forum Pecinta Sepakbola Indonesia juga mendukung adanya rembuk nasional sepakbola Indonesia ini.

Dengan diadakannya rembuk nasional sepakbola Indonesia ini, seluruh elemen suporter dan masyarakat bisa bersama-sama mengawal kebijakan dari PSSI selaku induk sepakbola Indonesia.

“Kita sudah lupa kapan timnas merajai Asia Tenggara dan dapat berbicara banyak dilevel Asia. Semoga pondasi timnas yang telah disiapkan Shin Tae-yong dapat terus berkembang, sehingga Piala Dunia U-20 Indonesia bukan hanya sebagai tuan rumah yang baik. Akan tetapi menghasilkan prestasi yang membanggakan," tambah pria yang akrab disapa Tekad ini. ***