SIAK - Kedatangan Gubernur Riau, Drs H Syamsuar di Pasar Seru Kualo, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau disambut antusias warga. Sebab, kedatangan orang nomor 1 di Riau itu memang sudah lama dinanti.

Pasar rakyat Seri Kualo itu sudah diresmikan 7 Februari 2018 dengan ditandatangani oleh Bupati Siak kala itu, Syamsuar yang kini menjabat sebagai Gubernur Riau. Namun karena saat itu Syamsuar tidak dapat hadir, maka hanya prasasti saja yang ditandatangani saja yang diberikan.

"Hari ini kami ke sini karena beberapa waktu lalu ada aspirasi bahwa pasar ini belum diresmikan. Jadi kami tidak ingat memang, apakah sudah diresmikan atau belum. Tapi jika melihat prasastinya, ini diresmikan bersamaan dengan peresmian pasar di Perawang sekitar 3 tahun silam," kata Syamsuar kepada masyarakat, Kamis (15/10/2020).

Mantan Bupati Siak dua periode itu berharap masyarakat dapat menggunakan pasar sebagai mestinya dan menjaga aset pemerintah ini seperti aset sendiri. Sedangkan untuk kerusakan bangunan pasar, bisa diusulkan perbaikannya kepada Pemda.

"Anggaplah pasar ini milik kita sendiri, gunakan untuk mencari nafkah. Manfaatkan pasar ini dengan baik. Saya juga minta masyarakat tidak membuang sampah di laut. Sampah plastik ini bisa dimakan ikan, sementara kita makan ikan. Inilah yang menyebabkan stunting pada anak," sebut Gubri.

Syamsuar berpesan kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Siak, Wan Ibrahim, kedepannya pembangunan pasar tradisional itu harus ditingkatkan. Pasar yang dekat dengan laut ini akan semakin cantik jika dibuat water front city seperti di Siak.

"Jadi kalau bisa tepian laut ini dibuat water front city, sehingga kedepannya akan menjadi icon wisata baru bagi masyarakat sekitar. Terakhir saya mengajak warga untuk mencegah penyebaran virus Corona," sebutnya lagi.

Dalam kunjungan kerja Gubri itu, Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman, Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya, Kajari Siak Aliansyah, Camat Sungai Apit, Wahyudi juga ikut mendampingi acara di pasar rakyat tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Siak, Wan Ibrahim dalam kesempatan itu juga menyampaikan seperti harapan Gubernur Riau tadi, kedepannya di pasar ini akan dibuat koperasi untuk membantu para pedagang di Pasar Seri Kualo***